• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

Trakindo Lakukan Tranformasi Sistem Sertifikasi K3L

Trakindo Lakukan Tranformasi Sistem Sertifikasi K3L

Trakindo-K3L1PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, memperkokoh komitmen perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional secara aman dan bertanggung jawab melalui keseriusan dalam penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Seiring pertumbuhan bisnis sejak berdiri di 1970, Trakindo kian berkomitmen dalam menjalankan sistem manajemen K3L dan mengalami berbagai penyempurnaan hingga kini mengaplikasikan sistem sertifikasi tunggal untuk OHSAS 18001 dan ISO 14001.

Menurut Maria T. Kurniawati, Chief Administration Officer Trakindo Utama, pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perusahaan diatur pemerintah dalam Undang-undang (UU) no.1 tahun 1970. UU Keselamatan Kerja ini memberikan perlindungan atas keselamatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja dengan salah satu tujuan utama untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Sedangkan UU no.32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan melindungi negara dari kerusakan dan menghadirkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai hak asasi warga negara Indonesia.

Ia  menjelaskan, K3L adalah aspek yang sangat penting dalam segala aktivitas operasional. “Kami percaya, dengan menjiwai K3L, tidak hanya dapat memberikan perlindungan bagi pekerja, lingkungan hidup dan masyarakat, namun juga meningkatkan produktivitas kerja dan daya saing. Berdasarkan komitmen tinggi untuk mewujudkan Budaya K3L, kami berusaha untuk melakukan lebih dari standar kepatuhan,” ujar Maria dalam acara Bincang PERSpektif Trakindo di Jakarta, Rabu (6/5). Selain menjaga kepatuhan UU tentang Keselamatan Kerja dan UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta peraturan lainnya, Trakindo juga melakukan sertifikasi standar internasional OHSAS dan ISO pada seluruh cabang Trakindo di Indonesia.

Sistem manajemen K3L Trakindo hingga kini berdasarkan pada standar Occupational Safety Health Assessment Series (OHSAS) 18001 dan ISO 14001, serta Sistem Manajemen Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (SMK3) yang diterapkan pemerintah. Hingga tahun 2014, 68 kantor cabang Trakindo di seluruh Indonesia telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001 dan ISO 14001. OHSAS 18001 merupakan standar internasional penerapan  sistem  manajemen  keselamatan dan  kesehatan  kerja di tempat kerja. Sedangkan ISO 14001 merupakan standar internasional bidang manajemen lingkungan untuk membantu organisasi di seluruh dunia dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan lingkungannya.Trakindo-K3L

Sejalan dengan harapan pemerintah untuk mewujudkan kemandirian budaya K3L, Trakindo berupaya menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang bebas cedera dan kecelakaan, dengan menerapkan berbagai peraturan dan prosedur keselamatan kerja di seluruh wilayah kerja Perusahaan, seperti kantor, area workshop, warehouse, laboratorium, serta lapangan termasuk area operasional pelanggan. Trakindo juga berkomitmen melestarikan lingkungan, penghematan energi dan mencegah pencemaran lingkungan akibat limbah, emisi maupun material buangan lainnya dalam seluruh kegiatan operasional.

Sementara itu, Muhammad Siri,  Safety Health & Environment (SHE) Corporate Manager, PT Trakindo Utama menjelaskan selama ini komitmen Trakindo terhadap angka kecelakaan kerja tercermin pada penurunan sekitar 60% pada RIR (Recordable Incident Rate) sejak 2010 hingga 2014. Dalam menerapkan standar yang setara di seluruh cabang, Trakindo melakukan transformasi sistem sertifikasi.

“Sumber daya manusia adalah salah satu aset utama yang harus dilindungi dan diberdayakan. Hal ini mendasari komitmen kami untuk menerapkan budaya K3L di seluruh kantor cabang dan kegiatan operasional Trakindo,” papar Siri. Oleh karena itu, Trakindo melakukan perubahan sistem sertifikasi yang sebelumnya adalah sertifikasi kantor cabang menjadi sertifikasi tunggal (single certification) yang dilakukan oleh PT AJA Sertifikasi Indonesia sebagai perwakilan dari AJA Registrars. Single  certification ini memungkinkan Trakindo secara konsisten menghadirkan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan sehat sekaligus memastikan penyelenggaraan praktik-praktik lingkungan yang tepat.

Lead Auditor PT AJA Sertifikasi Indonesia Eko Luhur Susatyo mengatakan bahwa pihaknya melihat potensi besar untuk penerapan budaya K3L di seluruh industri di Indonesia, termasuk di industri alat berat. “Kami memberikan dukungan penuh dalam mewujudkan visi Trakindo untuk melakukan kegiatan operasional secara aman dan sehat dengan lingkungan kerja yang bebas cedera,” tukasnya. Melalui single certification tersebut, Trakindo dapat memastikan penyetaraan standar dan penerapan K3L bertaraf internasional di seluruh cabang, juga meraih efektivitas sistem audit. (Ratri Suyani)


Related Articles

Tahun 2015, Jasa Raharja Menyediakan Rangkaian Kereta Api

PT Jasa Raharja merupakan Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang ditunjuk oleh Pemerintah dengan tugas memberikan santunan kepada korban kecelakaan

Commonwealth Life Bagikan 1.000 Asuransi Jiwa Gratis

Sebagai bentuk dari perayaan HUT Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia dan kepedulian Perusahaan pada kesehatan keluarga Indonesia, Commonwealth Life mendukung ajang lari, Merdeka

Symantec Mengatasi Tantangan Pusat Data

Symantec (NASDAQ: SYMC) mengumumkan versi terbaru solusi software NetBackup dan Storage Foundation pada Simposium Symantec Indonesia 2014 di Mulia Hotel,

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*