• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 18 October 2018

Tips Mempertahankan Talent Potensial

foto-mas-barli“A great employee is like a four leaf clover, hard to find and lucky to have.”
-Tammy Cohen-

Memiliki talent potensial dalam tim adalah dambaan setiap perusahaan. Seperti yang pernah disampaikan Steve Jobs, Co-Founder perusahan ternama Apple Inc., “Saya telah belajar selama bertahun-tahun bahwa, bila anda memiliki orang yang benar-benar baik, anda tidak perlu berusaha keras membimbing mereka. Dengan mengharapkan mereka melakukan hal-hal besar, anda bisa membuat mereka melakukan hal-hal besar.

Menurut Coorporate Executive Board (CEB), talent potensial adalah karyawan  yang disaat bersamaan memiliki tiga karakteristik kunci:

  1. Aspirasi, yaitu keinginan untuk bertanggung jawab, menghadapi tantangan, dan dihargai dengan diberi peran yang lebih senior.
  2. Ability, kombinasi bakat bawaan dan keterampilan belajar.
  3. Engagement, komitmen emosional dan rasional karyawan terhadap perusahaan, dan berusaha untuk tetap tinggal.

Memiliki kumpulan talent potensial memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk berani bergerak, mencapai target penjualan produk, memberikan kepuasan pada pelanggan, memenangkan persaingan, menciptakan pertukaran informasi dan pengetahuan yang efektif, dan tentunya merencanakan kesuksesan yang lebih mudah. Kehilangan talent terbaik bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan. Menurut the Society for Human Resource Management (SHRM), perusahaan akan menghabiskan “setara dengan enam sampai sembilan bulan gaji untuk mencari dan melatih penggantinya.” Belum lagi jika perusahaan memperoleh pengganti yang tidak tepat. Seperti yang disampaikan oleh Tony Hsieh, CEO dari Zappos yang memperkirakan bahwa “Pekerja yang buruk telah menghabiskan biaya lebih dari 100 Juta Dolar.” Selain itu perlu waktu adaptasi antara karyawan baru dan karyawan lama.

Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga kita dapat membuat para talent potensial bahagia dengan pekerjaannya dan mereka merasa lekat dengan perusahaan.

1.     Pertajam Value Perusahaan.
Satu hal yang bisa membuat para talent potensial bertahan di perusahaan adalah mereka memperoleh gambaran yang jelas tentang apa harapan perusahaan terhadap  mereka.  Dan ini dimulai dari bagaimana perusahaan menentukan value nya.

Dari pengalaman mewawancarai para talent selama ini, terlihat gambaran bahwa mereka menaruh perhatian pada profil perusahaan terutama value yang dimiliki. Untuk itu adalah sangat penting bagi perusahaan mempertajam value yang dimiliki, untuk kemudian menjaring para kandidat potensial yang sesuai dengan value itu.

Kejelasan visi dan misi perusahaan disertai value yang tajam, sangat dibutuhkan bagi para talent potensial untuk dijadikan pijakan, menjadi arah bagi mereka kemana dan bagaimana mereka mesti melangkah.

2.     Adanya Penghargaan, Pengakuan dan Kesempatan.
Para talent potensial menginginkan dirinya be


Related Articles

Bakat Saja Tidak Cukup

Anda tentu ingat kisah tentang tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 4 April 1912, yang sempat di layar lebarkan beberapa tahun

Visualisasi Dan Afirmasi

Bila Anda memiliki register yang secara otomatis setiap waktu menghitung frekuensi kata-kata atau kalimat-kalimat bernada negatif, dan juga kata-kata atau

Memperbaiki Cara Memimpin Kita

Saya yakin Anda sepakat dengan pernyataan bahwa percaya diri merupakan salah satu kualitas penting bagi seorang pemimpin. Tanpa rasa percaya

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*