Tingkatkan Peran Strategi Divisi Human Capital Hadapi MEA

PPM-HRForum1-16Memasuki tahun 2016 ditandai dengan dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA membuka pintu bagi tenaga kerja masuk ke negara mana pun termasuk ke Indonesia.  Hal ini “memaksa” para praktisi di bidang SDM untuk berbenah dari waktu ke waktu mengikuti tuntutan yang berlaku seperti perubahan-perubahan pola dan bobot kerja yang dilakoni.

Sudah tidak relevan lagi jika divisi HR hanya berkutat mengurusi absensi, remunerasi, rekrutmen dan seleksi, pengembangan karyawan, mengelola talenta berkualitas, mempertahankan karyawan unggul agar bisa bertahan,dan lain-lain. Divisi HR sudah saatnya bertansformasi menjadi Divisi HC (Human Capital) dan menjelma menjadi sebuah divisi sebagai strategic partner organisasi.  Divisi HC memahami dunia bisnis, terlebih bisnis yang digeluti oleh perusahaannya.

Transformasi divisi HC menjadi divisi yang berperan strategis dianggap sangat penting karena selain derasnya arus percepatan teknologi dan dibarengi kencangnya gelombang masuk para angkatan kerja dari negara-negara Asean, tenaga kerja Indonesia kini didominasi oleh mereka yang Generasi Y (Gen Y). “Jadi, memang sudah saatnya praktisi HC ini mentransformasi menjadi mitra strategik perusahaan,” ujar Rachmi Endrasprihatin, MM, ACP, CAC, Senior HR Consultant PPM Manajemen.

Tapi tak dapat dipungkiri, karyawan merupakan roda yang menjalankan perusahaan, keakuratan dalam me-maintain karyawan menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Disitulah Divisi HC berperan strategis demi membentuk Competent People. Bila perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, pun begitu juga dengan karyawannya yang harus siap sedia kapan saja diajak berlari menyongsong perubahan. “Bila perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan jaman, begitu juga dengan karyawan yang harus siap sedia kapan saja diajak lari menyongsong perubahan,” tukasnya kembali.

Dominasi Gen Y saat ini membuat perusahaan harus menyesuaikan dengan karakter generasi tersebut yang jelas berbeda dengan generasi sebelumnya. “Biasanya Gen Y itu menginginkan karir yang jelas dari awal bergabung dengan perusahaan,” jelas Rahmi. Gen Y juga membutuhkan coaching sehingga praktik coaching dianggap punya dampak yang luar biasa pada karyawan di masa kini.PPM-HRForum16

Sementara itu menurut Achmad Fahrozi, S.K.M., MM., CAC – Coordinator of PPM Center for Human Capital Development, transformasi adalah proses yang sangat esensial, agar bisnis dapat bertahan di era yang sarat dengan perubahan. Pengelolaan Human Capital (HC) memegang peranan strategis dalam mendesain, membentuk dan mempercepat proses transformasi tersebut.

Semua ini diungkapkan Rahmi dan Achmad dalam acara Human Capital Forum 2016 yang diadakan di Gedung PPM Manajemen Jakarta, Rabu (7/4/2016). HC Forum 2016 Jakarta kali ini mengangkat tema ReVamping Your Organization Through Human Capital Strategic Actions, dengan menghadirkan narasumber Ir. Rachmi Endrasprihatin, MM., ACP., CAC – Senior HR Consultant PPM Manajemen dan Achmad Fahrozi, S.K.M., MM., CAC – Coordinator of PPM Center for Human Capital Development. Rencananya, HC Forum 2016 akan digelar di tiga kota, Jakarta, Surabaya (19 April 2016) dan  dilanjutkan di Makassar 3 Mei 2016 mendatang. Dan rangkaian kegiatan HC Forum di tiga kota tersebut akan ditutup dengan Human Capital National Conference (HCNC) 2016 yang sedianya akan digelar di bulan September yang akan datang. (Ratri Suyani)


Related Articles

Kemenpar: Atasi Dampak Letusan Gunung Raung dan Gamalama

Kementerian Pariwisata RI terus memperkuat tim Crisis Center, yang sudah dibentuk 10 Juli 2015 lalu, sejak bencana erupsi Gunung Raung

Commonwealth Life Beri Santunan Anak Yatim

Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh kasih dan berkah, Commonwealth Life mengundang puluhan anak-anak yatim piatu dari Yayasan

270 Perusahaan di Singapura Mengadopsi Progressive Wage Model

Sebanyak 270 perusahaan di Singapura telah mengadopsi Progressive Wage Model (PWM) untuk para pekerjanya. Model ini telah membantu lebih dari

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*