• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 July 2018

Strengths Based Human Capital Management

CBHRMSelama ini kita mengenal sistem manajemen sumberdaya manusia organisasi menggunakan pendekatan Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi atau Competence-based Human Resource Management (CBHRM). Dalam CBHRM, pendekatan pengembangan SDM dilakukan berdasarkan gap kompetensi yang bersangkutan terhadap kompetensi jabatan yang dipersyaratkan atau Standar Kompetensi Jabatan (SKJ). Pendekatan CBHRM ini sering juga disebut dengan deficit paradigm.

Berbagai riset menunjukkan bahwa se­seorang yang dikembangkan berdasarkan kelemahannya hanya mampu meraih peningkatan kompetensi yang sangat sedikit. Pendekatan pengembangan seperti ini juga sering memakan waktu dan biaya yang mahal. Bagaimanapun, sangat sulit mengubah kompetensi seseorang hanya melalui program training yang berjalan beberapa hari saja.

Kenyataannya, banyak organisasi yang telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pengembangan SDM, tetapi hasilnya kepada organisasi kurang kelihatan. Menghadapi kompetisi yang semakin ketat saat ini, menurut Marcus Buckingham yang pernah bergabung dengan Gallup, menjadi organisasi yang berbasis kekuatan (Strength- based Organization) merupakan suatu tuntutan. Dengan berbasis kekuatan, organisasi dapat menghasilkan kinerja yang luar biasa. Marcus yang pernah bergabung di Gallup Organization. Berdasarkan hasil survey yang lama dan sangat komprehensif diperoleh kesimpulan bahwa organisasi yang berbasis kekuatan mengalami peningkatan dalam hal produktivitas, layanan pelanggan dan juga penurunan dalam turn over karyawan.

Marcus Buckingham dan Curt Coffman (1999), dalam bukunya First, Break All The Rules ingin mengubah deficit paradigm dalam CBHRM yang selama ini banyak dianut oleh banyak perusahaan. Marcus yakin bahwa setiap individu bersifat unik – memiliki kekuatan dan kelemahan yang bersifat unik.

Workshop ini akan membantu peserta memahami konsep Strengths Based Organization dan Strengths Based HR Management serta penerapannya dalam bentuk dasar dalam manajemen SDM sehari-hari.

Para profesional di bidang manajemen SDM, khususnya mereka-mereka yang sudah menduduki jabatan supervisor/asisten manajer ke atas, maupun para peminat/pengamat manajemen SDM dapat meningkatkan pengetahuannya terhadap konsep dan bentuk aplikasi dasar dari Strengths Based HR Management. Sedangkan sasaran yang bisa dicapai adalah para profesional di bidang manajemen SDM selama mengikuti program Strengths Based HR Management selama dua hari ini mampu memahami konsep dan implementasi dasar dari Strengths Based HR Management.

Team Fasilitator
Team fasilitator workshop merupakan pakar dan pejabat senior di bidang manajemen SDM yang telah mengembangkan konsep Strengths Based HR Management di Indonesia.

Materi Workshop
Topik yang dibahas dalam workshop ini sebagai berikut:
Day 1.
- Konsep Human Capital Sigma
- Konsep Strengths Based Organization
- Konsep CBHRM
- Konsep Strengths Based HR Management
- 34 Strength Finder Themes
- Teknik dan tool mengidentifikasi strength
Day 2.
- Implementasi Strengths Based HR Management pada rekrutmen & penempatan
- Implementasi Strengths Based HR Management pada training dan pengembangan
- Implementasi Strengths Based HR Management pada manajemen kinerja
- Implementasi Strengths Based HR Management pada aspek HR Cycle lainnya
- Strengths Based Leadership
- Diskusi dan studi kasus

Bonus: Setiap peserta akan bisa melakukan test online mengidentifikasi strengths masing-masing dan mendapatkan laporan hasil test.


Related Articles

Building Sales Culture in Your Organization

Presents: A Two Days Practical Workshop Dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi, tentunya setiap organisasi dari tahun ke tahun

Certified Assesment Center Assessor

Pemanfaatan assesment center sebagai salah satu metode untuk memetakan kompetensi karyawan di dalam suatu perusahaan/organi­sasi, semakin hari semakin besar. Tujuan

Certified Behavioral Event Interviewer

Latar Belakang Interview merupakan salah satu metode yang paling banyak dipakai sebagai predictor ketika melakukan penilaian kompetensi seseorang dalam suatu

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*