• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 21 September 2018

Soft skills Menyelaraskan Kinerja Karyawan

Dalam sebuah organisasi, penguasaan soft skills sangat dibutuhkan dalam menyelaraskan dan mensinergikan kinerja para karyawan perusahaan. Menggunakan soft skills untuk menopang pengetahuan dan mengimplementasikannya merupakan kunci keberhasilan karyawan berbakat dalam perusahaan. Keterampilan mengelola stres, memotivasi diri, membangun hubungan, menjual, bernegosiasi, melakukan presentasi, dan membangun kelompok merupakan contoh-contoh soft skills yang dibutuhkan personil dalam organisasi.

Guna memenuhi kebutuhan dan memberikan pemahaman tentang manfaat, fungsi dan lingkup soft skills, PPM Manajemen mengadakan PPM Meet & Greet dengan menghadirkan penulis buku Pedoman Lengkap Soft Skillsyaitu Brian Aprinto, SPHR dan Fonny Arisandy Jacob di Gedung Bina Manajemen pada Kamis 6 Maret 2014.

soft skill karyawan

Brian dan Fonny yang juga penulis buku best seller Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia, dalam acara ini menguraikan apa-apa yang ada di buku Pedoman Lengkap Soft Skills seperti model soft skills, pengembangan sikap/karakter, pengembangan kapasitas pribadi, pengembangan interpersonal skill, pengembangan skill organisasi.

Menurutnya kunci yang paling utama dari pengembangan diri sendiri itu adalah nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seseorang yang bisa dijadikan pegangan bagi dirinya serta mengetahui prinsip yang berlaku dalam proses pengembangan diri seseorang. Hal itu sesuai dengan apa yang ada dalam bukunya tersebut, setidaknya ada tiga nilai utama yang perlu dimiliki dan dijadikan pedoman oleh seseorang dalam pengambilan keputusan untuk diri sendiri.

Ketiga nilai itu adalah pelayanan, rendah hati, dan integritas. Tanpa harus diminta oleh perusahaan sejatinya ketiga nilai itu harus dimiliki dan dipakai oleh setiap pribadi karyawan. Buku Pedoman Lengkap Soft Skills ini merupakan penerjemahan mengenai ide-ide, pemikiran yang dapat dan kumpulkan selama bertahun-tahun yang dicatat sebagai bentuk abadi serta bisa dijadikan pembelajaran bagi diri sendiri dan untuk khalayak ramai.

Acara yang diperuntukkan bagi para professional, pemimpin bisnis, wirausaha, karyawan, dan siapapun yang ingin mengembangkan dirinya, membangun hubungan dengan orang lain serta meraih hasil-hasil terbaik dalam pekerjaan ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi para praktisi. (Kristiadi)


Related Articles

Employment Working Group Ke-IV Sepakat atasi Pengangguran Kaum Muda

Hari ini rangkaian Employment Working Group (EWG) ke-4 digelar, di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), yang membahas draft deklarasi yang

Konferensi PDMA Indonesia

Untuk menyambut MEA, perusahaan harus segera bergerak untuk melakukan inovasi baik pada produk, proses bisnis, pemasaran maupun organisasi. Karena sebuah

Gejolak Jelang Penetapan Upah Minimum

Penetapan Upah Minimum dan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2017 segera diumumkan oleh gubernur di wilayah masing-masing. Penetapan ini akan dilakukan serentak

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*