• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 June 2018

Program WASH dari Samsung

SamsungUntuk meningkatkan ketahanan dan pemberdayaan sekitar 40.000 warga masyarakat di 20 komunitas dan 10 sekolah di Jawa Timur dan Kalimantan Timur, PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) bekerjasama dengan Palang Merah Korea, PMI, dan IFRC melakukan program Water, Sanitation and Hygiene (WASH). Program ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup bersih di masyarakat.

“Melalui program ini, Samsung ingin membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Nilai ini telah ditanamkan dan menjadi misi kami ke depannya. Dengan adanya Prgoram WASH ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta mendapatkan fasilitas air bersih dan sanitasi yang lebih baik,” ujar Kanghyun Lee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs PT Samsung Electronics Indonesia.

Pada kegiatan ini pula dilakukan penyerahan secara simbolis donasi Samsung sebesar USD 300.000/tahun kepada Red Cross yang akan digunakan seluruhnya untuk implementasi program WASH selama dua tahun masa kerja sama (2015-2017).

Saat ini baru tecatat sebanyak 32,5 persen masyarakat Kalimantan Timur yang memiliki akses terhadap fasilitas air bersih yang layak (improved water facilities), sementara 42,5 persen dari populasi masyarakat Jawa Timur juga masih memiliki keterbatasan untuk mendapatkan air bersih (data Kemenkes 2013).

Dalam program WASH ini nantinya, diharapkan dapat menjangkau 40.000 masyarakat penerima manfaat di dua provinsi tersebut yang tersebar di 20 komunitas dan 10 sekolah, serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta pengelolaan air.

PMI selaku pelaksana tugas di daerah akan bekerja bersama anggota masyarakat dan sukarelawan PMI di kabupaten/kota, serta para pemangku kepentingan lainnya. “Dengan sumber daya yang kami miliki di setiap kabupaten dan kota tentu akan memudahkan PMI dalam menjalankan program bersama masyarakat, mulai dari sosialisasi tentang perubahan perilaku hingga mitigasi struktural,” ujar dr. Ritola Tasmaya, MPH, Sekretaris Jenderal PMI.

Program WASH ini merupakan kontribusi dari pemerintah dalam hal ini PMI dan dunia usaha untuk mewujudkan masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi persoalan kemanusiaan di abad ke-21 ini. (kristiadi)


Related Articles

Donor Darah Dalam Rangka HUT ke-34 Bukit Asam

Dalam rangka hari ulang tahunnya yang ke 34 PT Bukit Asam Tbk mengadakan bakti sosial berupa kegiatan donor darah. Kegiatan

Sari Pan Pacific Jakarta Peduli Yatim

Hotel Sari Pan Pacific Jakarta (17/7/13) menggelar acara buka puasa bersama dengan Bookers (member loyalty program Sari Pan Pacific Jakarta), anak

Bangun Karakter Anak Negeri Lewat Trakindo Volunteer Mengajar 2016

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali menyelenggarakan Trakindo Volunteer Mengajar (TVM) sebagai komitmen berkelanjutan Perusahaan terhadap kemajuan pendidikan Indonesia sekaligus dalam rangka menyambut

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*