• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 January 2018

Program Pendidikan Lenovo Memberikan Beasiswa 100 Juta

Lenovo-csr-2Melalui program pendidikan Lenovo memberikan beasiswa senilai Rp100 juta yang disalurkan untuk meningkatkan kemampuan 500 orang yang tergabung dalam Dicoding Academy.

Menurut Narenda Wicaksono, CEO Dicoding Academy Indonesia, Dicoding Academy merupakan decoding yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan developer Indonesia dalam membangun aplikasi, games, dan teknologi Virtual Reality (VR).

“Dicoding Academy  bekerja sama dengan para pemain industri Teknologi Industri (TI) multinasional, dan komunitas developer lokal sehingga menjamin kurikulum yang digunakan oleh Dicoding Academy adalah kurikulum yang berstandar global dan berdaya guna lokal,” ujar Narenda.

Lebih lanjut, Narenda menjelaskan, lebih dari 10.000 pengembang lokal belajar pengembangkan aplikasi dan games bersama Dicoding Academy, dan 1.000 alumni sudah bekerja di berbagai perusahaan teknologi atau membangun startup sendiri.

“Beasiswa yang diberikan oleh Lenovo adalah langkah nyata yang patut diteladani dalam hal bagaimana sebuah perusahaan teknologi global yang beroperasi di Indonesia secara aktif menumbuhkan industri digital lokal dengan meningkatkan kapasitas para developer. Kami berharap upaya baik yang dilakukan melalui program pendidikan Lenovo bisa berjalan secara berkelanjutan di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Miranda Vania Warokka, MBG Marketing Manager, Lenovo Indonesia, dengan kolaborasi Lenovo-Dicoding Academy menegaskan komitmennya untuk membantu mengembangkan industri digital lokal.

“Kami berharap bahwa semakin banyak VR aplikasi dan game yang dikembangkan secara lokal sehingga konsumen dapat menggunakan aplikasi dan game smartphone lokal,“ jelas Miranda.

Kata Miranda, keberhasilan pemanfaatan sebuah teknologi smartphone sangat bergantung pada kerjasama yang baik antara industri, perusahaan, pembuat aplikasi, dan konsumen. Hubungan yang sinergis antara setiap elemen akan menumbuhkembangkan ekosistem digital lokal yang kuat dan positif.

“Salah satu mekanisme untuk membangun sinergi tersebut adalah melalui peningkatan kapasitas dan ketrampilan para pengembang lokal melalui program pendidikan yang tepat guna,“ tambahnya.

Lenovo bekerjasama dengan Dicoding Academy, sebuah platform yang saat ini sudah beranggotakan 35.000 orang developer, dan untuk menata para developer Indonesia dalam membangun aplikasi dan game android yang menggunakan teknologi VR.

adapun kelas yang ditawarkan Dicoding Academy adalah; belajar membangun game android HTML 5, belajar membangun game multi-platform, belajar membangun aplikasi android native bagian 1, dan  bagian 11.

Setiap peserta dari masing-masing kelas, mendapat kesempatan untuk mempelajari materi pemrograman melalui sesi ulasan aplikasi bersama para pelatih Dicoding Academy. Adapun kelulusan peserta ditentukan oleh kualitas kode yang di submit sebagai bagian dari tugas akhirnya. Seluruh kode yang masuk dinilai secara manual, langsung oleh tim yang expert di bidangnya.

Dari seluruh developer yang mengikuti keempat kelas yang ditawarkan, terpilih 5 peserta terbaik yang berhasil mencapai nilai tertinggi di antara 500 lulusan lainnya.  Atas prestasinya, masing masing peserta terbaik mendapat penghargaan dari Lenovo Indonesia.

Kelima peserta terbaik Dicoding Academy dalam program pendidikan Lenovo. Pertama, Miftakhul Firdaus (Surabaya). Kedua, Tesyant (Yogyakarta). Ketiga, Danviero Yuzwan (Jakarta). Keempat, Iskandar Idris (Jakarta). Kelima,  Arrival Sentosa (Bandung).  (Ridwan Effendi)


Related Articles

PPM Manajemen Turut Mengurangi Angka Kemiskinan Melalui Program CSR

Workshop CSR and Inclusive Business yang membahas tentang beragam cara yang telah ditempuh oleh banyak perusahaan dalam rangka menginisiasi Program

Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM, Trakindo Beri Beasiswa Politeknik

PT. Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar memberikan beasiswa kepada 23 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Trakindo yang

Trakindo Peduli Pendidikan

Pendidikan berkualitas yang berbasis karakter akan mendukung keberhasilan pembangunan nasional, kualitas guru memegang peranan penting bagi peningkatan pendidikan di Indonesia.

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*