• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

Program Certified Human Resources Professional (CHRP) PERTAMINA

Pada akhir bulan Desember 2012 dan dilanjutkan bulan Januari 2013, PT Pertamina (Persero) telah menyelenggarakan Program CHRP untuk para pegawai yang menangani bidang manajemenhuman resources (HR) di berbagai unit kerja. Program CHRP ini diikuti oleh belasan peserta, pekerja pada fungsi HR PT Pertamina (Persero) dan Anak Perusahaan yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang HR, dan ditunjuk oleh Pertamina untuk mengikuti program. Pertamina sangat serius meningkatkan kompetensi karyawan sebagai bagian dari inisiatif strategis dalam bidang HR melalui berbagai program, termasuk programcertified.

Program CHRP dikembangkan dan diselenggarakan oleh PT Menara Kadin Indonesia bersama-sama dengan Kazian Global School of Management (India) dengan mengadopsi pendekatan terbaik dalam pengelolaan SDM di dunia maupun Body of Knowledge dari beberapa program Certified HR  yang dikeluarkan oleh The HR Certification Institute, USA (hrci.org/global).  Dengan bekerjasama dengan institusi internasional diharapkan gelar CHRP yang diperoleh setiap peserta berlaku (baca: diakui) di banyak negara lain.

program chrp pertamina

Proses sertifikasi ini dilakukan melalui program bimbingan dalam kelas yang intensif selama 10 hari diikuti dengan berbagai latihan dan pengukuran peningkatan pengetahuan peserta setelah program bimbingan (post test). Berdasarkan masukan Pertamina, materi yang dibahas dalam Program CHRP memberi penekanan lebih kepada HR Strategy/Blueprint dan HR Business Partner. Ada 12 modul yang dibahas dalam Program CHRP Pertamina, yaitu: HR Strategy & Planning, HR Business Partner, Organization Development, Manpower Planning, Recruitment & Deployment, Performance Management, Learning & Development, Talent Management, Compensation & Benefit, Industrial Relations, Human Resources Information System, dan HR Audit.

Pertamina telah menetapkan passing grade kelulusan program bimbingan dalam kelas ini adalah 70% untuk setiap modul. Hasil post-test per modul ini memiliki bobot 40% dari total komponen penilaian kelulusan peserta. Selain team fasilitator, program bimbingan dalam kelas ini juga menghadirkan pembicara tamu yang berkualitas, yakni Sofyan Rohidi, MBA., VP HC Policy PT Telkom Tbk.

Komponen penilaian kelulusan lainnya adalah hasil penilaian terhadap pengerjaan tugas (pekerjaan rumah) dengan bobot 10%, sikap dan perilaku peserta selama Program CHRP memiliki bobot 15%, dan hasil penilaianpaper memiliki bobot 35%.

Pasca bimbingan dalam kelas, pembimbingan peserta dilaksanakan dalam penyusunan paper di mana setiap peserta pertama kali harus mengusulkan judul dan konsep paper, diikuti dengan mengirimkan Draft 1 Paper dilanjutkan dengan Draft 2 Paper serta Paper Final. Team Pembimbing untuk masing-masing peserta menjalankan proses pembimbingan sekitar 2 – 2,5 bulan. Setelah Paper Final, peserta akan diuji oleh Team Penguji yang berbeda dengan Team Pembimbing. Total Program CHRP memakan waktu 3 bulan, di mana setiap peserta sudah mendapatkan kepastian kelulusan mereka.


Related Articles

Training Wizard Gratis Sunfish HR SaaS di Workshop DataOn

Mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba Sunfish HR SaaS tanpa harus mengeluarkan biaya dan ditemani tim developer DataOn adalah program

Job Family Modeling PT Taspen (persero).

Pertengahan Januari 2017, kami memimpin workshop “Job Family Modeling” PT Taspen (Persero), perusahaan pengelola dana tabungan dan jaminan hari tua

Program Certified Human Resources Management Professional CHRMP

Pada pertengahan Bulan Juli 2014, PT Menara Kadin Indonesia menyelenggarakan Program Certified Human Resources Management Professional (CHRMP) untuk umum. Program

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*