• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

PPM Manajemen Turut Mengurangi Angka Kemiskinan Melalui Program CSR

Photo: Mappesangka Virtual Media PPM Manajemen

Photo: Mappesangka Virtual Media PPM Manajemen

Workshop CSR and Inclusive Business yang membahas tentang beragam cara yang telah ditempuh oleh banyak perusahaan dalam rangka menginisiasi Program CSR mereka, terutama yang terkait dengan menurunkan angka kemiskinan dan memperbesar kualitas hidup masyarakat sekitar, tentunya dengan tetap mengacu pada tataran bisnis yang wajar. PPM Manajemen berkesempatan menjadi tuan rumah dalam gelaran yang diadakan selama dua hari ini.

Workshop ini terlaksana berkat kerjasama antara Indonesia Global Compact Network, OXFAM Great Britain dengan PPM Manajemen. Oxfam sendiri adalah sebuah NGO yang berasal dari Britania Raya yang selama kurun waktu lebih dari 70 tahun senantiasa memberikan bantuan untuk memerangi kemiskinan secara global. Oxfam sendiri telah meninggalkan jejaknya di lebih dari 90 negara.

Selain tujuan di atas, melalui workshop ini OXFAM berharap mampu mengidentifikasi intervensi yang tepat dan mampu menciptakan peluang perbaikan ekonomi yang nantinya akan membantu mengurangi angka kemiskinan, tentunya intervensi yang dimaksud dikemas dalam beragam program CSR. Secara garis besar tujuan dari workshop ini adalah:

Mengenali intervensi yang stratejik dan diharapkan berhasil mengentaskan kemiskinan bersamaan dengan proses rantai nilai yang dilakukan perusahaan dalam mengemas jasa atau produk mereka. Mengindentifikasi beragam kesempatan untuk menciptakan rantai pasok yang lebih aman dan lebih produktif, di saat bersamaan juga mengenali apa yang dibutuhkan masyarakat.

Photo: Mappesangka Virtual Media PPM Manajemen

Photo: Mappesangka Virtual Media PPM Manajemen

Mengindentifikasi beragam tantangan dan peluang bagi kalangan swasta untuk dapat berkontribusi, dengan tetap mengacu pada standard yang telah dibakukan secara global seperti GRI, social audit, atau sustainability reports.

Mengeksplor beragam kesempatan untuk mengembangkan jejaring dengan kalangan swasta.

Menelaah studi kasus untuk melihat keterlibatan kalangan swasta misalnya menyoal pemberdayaan kaum perempuan sehingga mereka juga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi  keluarga.

Saat ini, PPM Manajemen juga sedang menginisiasi Recycle Paper Project, dimana nantinya limbah kertas yang dihasilkan selama operasional, akan diolah oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan beragam produk duar ulang, yang akan kembali dibeli dan diserap oleh PPM Manajemen, sehingga tercipta sebuah hubungan simbiosis mutualisme, antara masyarakat sekitar dengan PPM Manajemen. Satu sisi masyarakat mendapatkan penghasilan, di sisi yang lain PPM Manajemen juga terbantu dalam masalah pengelolaan limbah kertas. Dalam konteks inilah Inclusive Business tercipta.


Related Articles

Program WASH dari Samsung

Untuk meningkatkan ketahanan dan pemberdayaan sekitar 40.000 warga masyarakat di 20 komunitas dan 10 sekolah di Jawa Timur dan Kalimantan

Sari Pan Pacific Jakarta Peduli Yatim

Hotel Sari Pan Pacific Jakarta (17/7/13) menggelar acara buka puasa bersama dengan Bookers (member loyalty program Sari Pan Pacific Jakarta), anak

Dettol Indonesia Gelar Edukasi dan Bangun 4000 Fasilitas Cuci Tangan

Dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, hari ini Dettol Indonesia bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*