• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

PLN Persiapkan Pemimpin Masa Depan Berwawasan Global

Foto-acara-PLN-Corpu-2PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berbenah. Dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan PLN yang berwawasan global serta memiliki keterampilan directorship untuk siap di tempatkan sebagai direksi PLN Holding, PLN Group maupun direktur di kancah global PLN, Corporate University (Corpu) PLN menyelenggarakan Professional Director Program. Program yang baru pertama kali diadakan ini dilaksanakan pada 18-20 April 2016 lalu bertempat  di Corpu PLN di daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

Dalam pembukaan Professional Director Program – GLDP, Muhammad Ali, Direktur Human Capital Management PLN mengutarakan bahwa program ini sejalan dengan keinginan PLN untuk berkiprah tidak hanya di dalam negeri tapi juga di kawasan regional dan global. “Kami ingin menambah wawasan para calon pemimpin PLN terutama mereka yang ada di level managerial ke atas tentang berbagai hal diluar pengetahuan kelistrikan mereka. Ketika nanti mereka ditanya dengan yang lain, merekapun bisa menyampaikan dengan baik, mempresentasikan dengan baik, sehingga stakeholder yang diluar PLN akan mengetahui secara komprehensif tentang apa-apa yang dikerjakan oleh PLN, tentunya tidak hanya pekerjaan yang bersifat teknis,” papar Ali.

Selain itu, tujuan dilakukan program ini untuk memberikan pemahaman kepada para managerial ini agar mereka bisa membawa PLN ke kawasan regional dan global. “Ibarat planet, kita harus tahu posisi kita ada dimana. Di Indonesia, ada dimana posisi kita, di regional, posisi kita ada dimana. Demikian juga di global. Semua itu harus diketahui dan dipahami oleh mereka. Dengan mengetahui posisi kita, maka kita akan bawa PLN lebih maju dan lebih baik,” ujar Ali kembali.

Pembelajaran ini merupakan bagian dari High Potential Global Leadership Development Program (GLDP) yang merupakan new design pada framework Leadership Learning PLN. Peserta secara administratif telah diseleksi oleh Divisi Talenta sehingga yang terpilih merupakan yang terbaik dan memiliki potensi serta kompetensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Program pembelajaran ini diadakan bekerjasama dengan IICD yaitu lembaga nirlaba yang tergabung dalam Institutes of Directors in East Asia Network [IDEA.net].Foto-PLN-Corpu-4edt

Pada pembelajaran ini, peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan directorship meliputi: Skills, Knowledge and Competencies of Directors; Challenges of Professionalism at The Board; Corporate Governance and Enterprise Risk Management;Law and Regulation : Issues for Directors In State-owned Companies (BUMN);Change management for Directors;Corporate Strategy for Directors; A Conceptual View of a Corporation – Issues and Challenges in Corporate Governance for Director;The Practices of Directorship, Management Trends for Directors;Board Performance Evaluation;Governance in Financial literacy for Directors & Value Creation; Strategi  mengamankan Corporate Actions BUMN selaku Persero.

Ia menambahkan, pembelajaran ini menggunakan kurikulum berstandar internasional dan  benchmark dengan International Institute of Directors seperti Institute of Director (IoD-UK), Australian Institute of Company Director Australia (AICD) dan National Association of Company Director USA (NACD) serta Global Corporate Governance Forum (IFC-GCGF) yang disesuaikan dengan situasi & kondisi Indonesia dan Internasional.

Ali berharap, dengan mengikuti program ini peserta pembelajaran ini para calon pemimpin ini bisa memahami best practices implementasi Good Corporate Governance (GCG) menuju Standar Internasional, memiliki kompetensi penerapan Good Governance di lingkungan masing-masing dan menjadi champions of governance reforms di Indonesia, dan memiliki cara professional dalam mengevaluasi kinerja di lingkungan masing-masing yang sesuai dengan standar Good Governance internasional dan memenuhi etika profesional.

Selain itu, diharapkan para peserta ini dapat memiliki model yang dapat digunakan dalam implementasi Good Governance q Menerapkan konsep-konsep “Best Practices” dari implementasi Good Governance (GG), mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi Kinerja di lingkungan masing-masing yang sesuai dengan standar Good Governance internasional dan memenuhi etika professional, dan mampu membangun sensitivitas tentang masalah etika professional.

Foto-PLN-Corpu-5edtDalam program tersebut, menghadirkan beberapa fasilitator yang sangat berpengalaman di bidangnya seperti   Goenawan Lukito, Emmy Yuhassarie Yuyu, Dr. Anugerah Pekerti, Andi Ilham Said, Erry Riyana Hardja Pamekas, Prof Sammy Kristamuljana, Lukas Setia Atmaja, Dr. Johan Darmawan, Randy Rizki, Dr. James Simanjuntak, Ria Sidabutar, dan lain-lain.

Selain acara itu, PLN juga mengadakan PLN’s Communication Apprentice Program, program yang bertujuan membangun public relation (PR) PLN semakin profesional dan berkualitas. Program yang diadakan PLN Corpu bekerjasama dengan Satuan Komunikasi Korporat ini merupakan program strategis yang bertujuan untuk memperkuat dukungan publik sebagai BUMN terbaik di tanah air. Dengan program ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi PR PLN yang mampu menjadi Key Opinion Leader untuk menyampaikan informasi dan kebijakan strategis perusahaan kepada stakeholders.

Peserta program sebelumnya telah melalui proses seleksi paper oleh Divisi Talenta dengan tema “Meningkatkan Dukungan Publik Melalui Komunikasi” yang diikuti oleh 52 unit opertasional PLN. Selanjutnya, 32 peserta dengan paper terbaik mengikuti workshop pada sekolah PR London School pada tanggal 29 Februari – 2 Mei 2016. Pada workshop tersebut Peserta dibekali dengan Communication Plan, Public Speaking, Media Handling & Media Relation, Writing Press Release & Interview with Media Technic dengan fasilitator praktisi dibidangnya.

32 peserta tersebut diseleksi kembali dengan aspek peniliaian pada 2 indikator yaitu Active Participation dan Proactivity sehingga pada akhirnya terpilih 18 peserta terbaik yang layak untuk diikutsertakan pada tahap selanjutnya yaitu magang pada media cetak, media digital dan media elektronik yaitu Kompasiana (Digital) pada tanggal 18 – 25 April 2016, Kompas Print pada tanggal 26 – 27 April 2016, dan Metro TV pada tanggal 28 April – 3 Mei 2016. (Ratri Suyani)


Related Articles

Dassault Systèmes Perkenalkan SOLIDWORKS 2017: Peningkatan Produktivitas

Dassault Systèmes, perusahaan pemimpin dunia di bidang software, mengumumkan peluncuran Solidworks 2017. Dari startups kecil hingga organisasi global, dan lebih dari 3,1 juta

Pameran industri kecantikan terbesar, Cosmobeaute Indonesia, kembali digelar

Cosmobeauté Indonesia, yang telah dikenal sebagai pameran industri kecantikan kembali hadir dengan edisi ke-10 yang akan digelar pada tanggal 15-17

Pilih Gaji Pokok atau Bonus berbasis Kinerja?

Sebuah survei yang dilakukan sebuah perusahaan di Singapura baru-baru ini berhasil menyimpulkan tentang preferensi gaji pekerja di Singapura. Survei yang

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*