• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 15 August 2018

Pesona Gaji Lebih Memikat Karyawan Pria Dibanding Wanita?

gajiPesona gaji karyawan pria lebih memikat. Karyawan pria di Indonesia ternyata lebih mementing­kan gaji dibandingkan dengan karyawan wanita. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan oleh JobStreet.com Indonesia pada bulan Juli lalu kepada 18,275 koresponden.

Pesona gaji tersebut berdasarkan data yang didapat, ada 63.42% pria dan 36.58% wanita yang mengikuti survei tersebut. Hasilnya sebesar 94.23% karyawan di Indonesia menyatakan bahwa gaji menjadi hal terpen­ting bagi mereka untuk menentukan karir yang mereka pilih.

Jumlah tersebut menegaskan bahwa pesona gaji memang tidak bisa dipungkiri. Setiap orang selalu ingin mendapatkan rupiah yang lebih ba­nyak lagi. Sebesar 5.56% koresponden lain menyatakan biasa saja dan tidak menjadikan gaji sebagai patokan utama mereka mencari pekerjaan. Terakhir sebanyak 0.21% koresponden menyatakan besarnya gaji tidak penting bagi mereka.

Ada lima komponen penting yang harus diperhatikan oleh pencari kerja saat melihat iklan lowongan yaitu, brand/nama perusahaan, benefit/keuntungan, gaji, uraian kerja dan lokasi kerja. Berdasarkan survei yang dilakukan Jobstreet.com, sebanyak 33.14% para pencari kerja menyatakan bahwa gaji menjadi hal pertama yang mereka lihat.

mALE-fEMALEHal kedua yang menjadi fokus para pencari kerja adalah uraian pekerjaan 25.73%. Hal tersebut menunjukan bahwa job description dari pekerjaan yang mere­ka lamar tidak lebih penting dari jumlah gaji yang akan mereka terima. Selanjutnya, 25.64% koresponden memilih brand/perusahaan yang mengiklankan lowongan tersebut. Lantas keempat, 10.06% memikirkan lokasi. Terakhir yang menjadi fokus mereka adalah benefit atau keuntungan yang mereka dapat yaitu  sebesar 5.43% koresponden.

Dari survei yang dilakukan kepada 18,275 koresponden, diikuti oleh 40.21% senior staff, 27.23% junior staff. Kemudian posisi manajer 17.26%, posisi fresh graduate sebesar 9.25% dan sebanyak 6.05% berasal dari level Senior Manager above.

Hasil survei tersebut menjelaskan bahwa para pencari kerja lebih tertarik pada iklan lowongan kerja yang mencantumkan besarnya kisaran gaji pada suatu posisi pekerjaan. Pencantuman kisaran gaji pada iklan  lowongan pekerjaan seharusnya menjadi perhatian utama bagi perusahaan yang ingin mencari kandidat terbaik.

Perusahaan juga harus lebih terbuka mengenai kisaran gaji, karena adanya kisaran gaji pada iklan lowongan akan mempermudah kedua belah pihak. Para pencari kerja hanya akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang mereka harapkan. Sedangkan perusahaan hanya akan memilih kandidat yang memiliki kisaran gaji seperti yang tercantum dalam iklan yang mereka tayangkan. Ratri Suyani


Related Articles

Pekerja Indonesia Hanya Butuh 29 Hari Cuti untuk Tingkatkan Kinerja Bekerja

Hasil survei yang dilakukan JobStreet.com Indonesia dalam periode Mei – Juni 2016 menyatakan bahwa pekerja di Indonesia hanya butuh cuti

Investor Indonesia Anggap Enteng Pengeluaran di Masa Pensiun

Investor Indonesia ternyata memiliki risiko yang tinggi akibat kurang siap menghadapi realitas finansial di masa pensiun nanti. Hal ini terungkap

20 Perusahaan yang Paling Diminati di Hong Kong

Operator kereta api MTR dinobatkan sebagai perusahaan yang paling menarik di Hong Kong versi Randstad Employer Brand Award yang diadakan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*