Perusahaan Jepang Bayar Gaji Karyawan Pakai Bitcoin

bitcoin-cashSebuah perusahaan internet di Jepang akan mulai membayar sebagian gaji karyawan dalam bentuk Bitcoin.

GMO Internet Group yang berbasis di Tokyo berencana untuk memulai skema ini di dalam GMO Internet Co., kepada 4.000 karyawan GMO Group di seluruh Jepang. Perusahaan GMO Internet ini menginginkan karyawannya memperoleh pemahaman yang lebih baik terkait mengenai mata uang virtual yang sedang populer saat ini.

“Grup Internet transgenik akan berkontribusi pada pengembangan mata uang virtual di dunia dengan mempromosikan upaya yang terkait dengan mata uang virtual di seluruh grup,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan. Karyawan perusahaan GMO Internet (perusahaan yang mengoperasikan berbagai bisnis terkait situs termasuk di bidang keuangan, periklanan online dan infrastruktur internet) ini akan dapat memilih apakah mereka ingin dibayar dalam Bitcoin dengan jumlah berkisar antara 10.000 yen (sekitar Rp1,2 juta) sampai 100.000 yen (Rp12 juta).

Inisiatif tentang penawaran koin awal atau initial coin offering (ICO) ini dimunculkan pada Oktober lalu oleh perusahaan. Menurut juru bicara GMO Internet, Harumi Ishii, pembayaran sebagian gaji karyawan dengan Bitcoin akan mulai dilakukan pada Februari 2018. “Karyawan akan menerima gaji dengan Bitcoin jika mereka mau,” paparnya. Perusahaan GMO Internet berharap dapat meningkatkan literasi keuangan virtual dengan menggunakan pembayaran dengan Bitcoin.

Awal tahun depan, perusahaan juga akan memasuki bisnis “Bitcoin mining” atau “penambangan Bitcoin”, setelah sebelumnya pada bulai Mei tahun ini, perusahaan ini mulai melakukan perdagangan dan pertukaran nilai Bitcoin. Dengan begitu, perusahaan itu akan mendapatkan hak untuk menerima Bitcoin baru sebagai penghargaan karena telah membantu menjaga keamanan jaringan saat transaksi berlangsung.

Harga Bitcoin dunia telah meningkat secara global pada tahun ini. Pada Januari 2017, harga Bitcoin senilai 1.000 dolar Amerika Serikat atau Rp 13,5 juta, kini harganya melonjak menjadi 17.000 dolar AS atau Rp 230 juta pada pekan ini. (Ratri Suyani. Sumber: HRM Asia)


Related Articles

Ir. Aburizal Bakrie: Islam, Agama Yang Rahmatan Lil A’lamin

Majelis Ta’lim Menara Kadin Indoneia selama bulan suci Ramadhan ini mengadakan acara sholat Dzhuhur berjama’ah dilanjutkan dengan ceramah agama setiap

Sodexo Indonesia: Rewards & Benefit Solution From Sodexo

Memberikan rewards and benefit kepada karyawan perusahaan dan klien merupakan hal terpenting bagi perusahaan. Bagi karyawan, rewards and benefit dapat

IMYA, Tingkatkan Semangat Persatuan

International Multifaith Youth Assembly (IMYA) 2014 kembali digelar. Gelaran yang diselenggarakan oleh Global Peace Foundation (GPF) Indonesia ini bertujuan untuk

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*