• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 15 August 2018

Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Asia Pacific Occupational Safety and Health Organization (APOSHO) 28th Conference Seminar and K3 EXPO 2013 telah digelar. APOSHO yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran pada 9-12 Oktober 2013 ini mengundang banyak perhatian publik. Adalah IOSH (Institution of Occupational Safety and Health), yang merupakan organisasi profesional dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja terbesar di dunia. IOSH sangat mendukung konferensi ini serta berbagai upaya yang dilakukan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N), yang secara aktif berusaha menekan tingkat kecelakaan, gangguan kesehatan, dan kematian yang diakibatkan pekerjaan.

Para ahli keselamatan dan kesehatan kerja dari berbagai negara sangat terkesan dengan upaya lembaga-lembaga yang bertanggungjawab terhadap masalah keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia. Ini terbukti dari beberapa anggota manajemen senior dari Institution of Occupational Safety and Health (IOSH), yang merupakan organisasi profesional dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja terbesar di dunia, hadir di konferensi ini.

aposho 2013

Pada konferensi ini, wakil-wakil dari IOSH membawakan beberapa topik bagi para delegasi lainnya. PresidentIOSH, Gerard Hand membawakan topik mengenai Kesinambungan Bisnis (Sustainability), Vice President IOSH, John Lacey berbicara mengenai Kepemimpinan Dalam Bidang Keselamatan Kerja dan IOSH cabang Hong Kong, Andy Lo membawakan topik Pentingnya Manajemen Desain Konstruksi (CDM).

“Ancaman kecelakaan di tempat kerja di negara berkembang seperti Indonesia masih sangat tinggi – kita harus bekerja bersama untuk mengurangi tingkat kecelakaan, gangguan kesehatan, dan kematian akibat kerja, khususnya di industri-industri berisiko tinggi seperti konstruksi dan manufaktur,” ujar Gerard Hand, PresidentIOSH kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta beberapa waktu lalu.

Gerard menambahkan, “Pengetahuan serta kecakapan para majikan sangat penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, adalah hal yang paling utama dan tidak dapat ditawar-tawar, ini tidak saja menyelamatkan nyawa manusia, tetapi juga menjadikan bisnis lebih efisien.”

Melalui konferensi ini, para profesional di bidang kesehatan dan keselamatan kerja dari seluruh dunia dapat bertukar pengalaman, ide, serta pengetahuan dengan tujuan membuat semua pekerja terjaga kesehatan dan keselamatan di tempatnya bekerja.

“Peran kepemimpinan dalam hal keselamatan kerja mempunyai dampak yang sangat positif menjaga standar keselaman kerja dalam organisasinya, dan hal ini perlu ditekankan kepada semua pihak yang bertanggungjawab terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di Asia Pasifik,” lanjut Gerard Hand.

IOSH berharap dapat bekerjasama dengan berbagai organisasi keselamatan dan kesehatan kerja di berbagai negara untuk memperbaiki standard keselamatan dan kesehatan kerja di kawasan Asia Pasifik. Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat dicapai berbagai kemajuan dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja khususnya di Indonesia dan pada umumnya di kawasan Asia Pasifik. (Krs)


Related Articles

Evolusi dan Dunia Kerja Idaman di Masa Depan

Mulai 2016 tenaga kerja akan didominasi oleh Gen Y (Millenial), lalu faktor apa yang mempengaruhi kehidupan kerja mereka, dan apa

How to build Venture Investment – Larry Biggs

Which includes a solid enterprize model and a good decent expansion system, that seems easier than you think to attain

PayMaster Aplikasi Payroll yang Friendly

Berangkat dari Andal Information Mangement (AIM) yang memberikan banyak data berupa kebutuhan para pelanggan akan sistem payroll yang tidak hanya

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*