• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 20 September 2018

Pekerja Wanita Terlalu PD, Kurang Berpengaruh Dibanding Pekerja Pria?

pekerja-perempuanMenurut Anda, apa yang salah dengan menjadi seseorang yang penuh percaya diri (PD)? Tidak ada sama sekali, kecuali jika Anda seorang wanita pekerja. Sebuah studi penelitian baru dari sekolah bisnis INSEAD menunjukkan kepercayaan diri di kantor ternyata lebih bermanfaat bagi pria daripada wanita.

Penelitian yang menganalisis penilaian terhadap 236 insinyur komputer di perusahaan perangkat lunak multinasional ini menemukan bahwa korelasi antara kepercayaan dan pengaruh sangat mudah bagi seorang pria. Artinya, semakin baik kinerja pekerja pria di tempat kerja, maka akan semakin tinggi rasa percaya diri yang ia miliki dan lama kelamaan pekerja pria tersebut akan menggunakan pengaruhnya di tempat kerja.

Sedangkan wanita yang berperforma tinggi dan percaya diri, di sisi lain, hanya dianggap berpengaruh oleh teman sebaya dan atasan jika wanita tersebut memiliki sifat perilaku “mengasuh” atau “ngemong”. Misalnya, Anda peduli kepada rekan kerja lain untuk mendapatkan manfaat dari orang lain melalui pekerjaan Anda.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Natalia Karelaia, Associate Professor of Decision Sciences INSEAD, ini  mengukur dan menganalisis kinerja, “orientasi prososial” (tingkat kepedulian seseorang terhadap kesejahteraan orang lain), kepercayaan diri, dan pengaruh organisasi untuk mengambil hasil secara keseluruhan. “Bagi perusahaan yang peduli dengan kesetaraan jender, jika ingin menjadi warga organisasi yang baik dan membantu orang lain, maka persyaratannya adalah harus melakukan kesetaraan antara pria dan wanita,” kata Profesor Karelaia.

Ia menambahkan, organisasi tersebut harus bersedia mempertanyakan pendapat atau asumsi tentang meritokrasi atau bayaran yang sesuai dengan keahlian atau prestasi si pekerja. Jelas bahwa wanita tidak diterima berdasarkan kelebihan mereka sendiri, jadi supervisor harus memperhitungkan temuan ini saat menilai kinerja staf wanita mereka. Hal ini yang membuat rasa PD staf wanita tersebut muncul dan mendapatkan pujian atas prestasinya. Kondisi ini yang membuat lebih mudah bagi pria daripada wanita untuk mendapatkan pengaruh di tempat kerja.  (Ratri Suyani. Sumber: hrmasia.com)


Related Articles

Lingkungan Kerja Yang Mobile

Penelitian yang dilakukan The Economist Intelligence Unit (EIU) tentang lingkungan kerja dengan mobile dapat meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaannya. Ini

Perkembangan Industri di Indonesia Menuju Peningkatan

Prospek perkembangan industri di Indonesia semakin membaik, ini dilihat dari sisi ketenagakerjaan. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 219 perusahaan responden

Karyawan dengan “Critikal Skill” Sulit Didapatkan dan Dipertahankan

Hal ini terungkap dalam survei terbaru yang dilakukan oleh perusahaan global professionalservices,Towers Watson. The Towers Watson Global Talent Management dan Rewards

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*