• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 26 April 2018

Pekerja Alih Daya BUMN Jadi Pegawai Tetap

Alih dayaBergembiralah para pekerja alih daya (outsourcing) di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pasalnya akhir bulan September 2014 mereka akan diangkat resmi sebagai pegawai tetap. Pengangkatan masal ini adalah keputusan hasil rapat antara Komisi IX DPR dengan Satgas Monitoring Pelaksanaan Kebijakan Outsourcing BUMN, 19 BUMN dan Jampidsus Kejaksaan Agung RI. Hasil rapat ini merupakan  serangkaian rapat-rapat marathon selama lebih dari satu tahun.

Keputusan ini didasari dari masih adanya perusahaan BUMN yang menggunakan jasa outsourcing. Namun banyak karyawan di perusahaan BUMN tersebut yang tak kunjung diangkat menjadi pegawai tetap meski sudah puluhan tahun bekerja. Bahkan tidak sedikit yang dirumahkan atau dipecat.

Jumlah tenaga alih daya yang berada di BUMN tercatat sebanyak 200 ribu orang yang tersebar di 138 BUMN, termasuk BUMN yang kondisinya kurang sehat.

Menurut Imam Suroso, anggota Komisi IX DPR RI seperti dikutip metro tv news.com mengatakan proses pengangkatan ini berlangsung selama 15 hari sejak 15 September hingga 30 September 2014. Kalau dulu pemerintah bilang sulit, kini tidak ada lagi alasan untuk itu lanjutnya.

Jajaran direksi BMUN dalam sepekan harus mempersiapkan mekanisme pengangkatan tenaga kerja alih daya di perusahaannya. Sehingga, Oktober nanti tidak ada lagi tersisa satu pun yang masih berstatus alih daya.

Proses pengangkatan ini akan DPR pantau hingga tuntas. Jika pada tenggat waktunya didapati masih ada BUMN yang mempekerjakan tenaga alih daya, akan ada sanksi tegas bagi direksi BUMN bersangkutan. Sanksinya bisa bertingkat dari teguran sampai rekomendasi pencopotan direksi. (berbagai sumber)


Related Articles

Kekurangan Tenaga Kerja, Jepang Giatkan Talent Pool

Dalam menghadapi krisis tenaga kerja karena populasi yang menua, pemerintah Jepang telah mengumumkan beberapa tindakan untuk meningkatkan talent pool tenaga

Kembangkan Sayap Bisnis, ViewSonic Fokus Bidik Indonesia

ViewSonic, perusahaan global yang menyediakan produk solusi terkemuka, memantapkan langkahnya untuk terus berekspansi di Indonesia. Hal ini tak lepas dari

Biaya Jadi Kendala dalam Peningkatan Kualitas SDM

Peningkatan kemampuan pekerja di bidang industri manufaktur yang setiap tahunnya mencapai 600.000 orang, terkendala minimnya anggaran pemerintah sehingga sangat dibutuhkan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*