• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 17 August 2018

Melihat Peluang Pertumbuhan Bisnis dengan Matriks BCG

PertumbuhanMetode analisis BCG merupakan salah satu metode yang digunakan dalam menyusun suatu perencanaan unit bisnis stratejik dengan melakukan pengklasifikasian terhadap potensi keuntungan perusahaan.

Mencoba mengejar pertumbuhan bisnis perusahaan yang jauh lebih tinggi mungkin bisa menyebabkan terjadinya “perang harga” dan dapat memunculkan “kekacauan pasar”. Padahal hal itu tidak perlu terjadi dan bisa saja dihindarkan jika perusahaan cermat mengetahui strategi penjualan produk dan pangsa pasar. Karena itu sangat penting untuk mengetahui implikasi strategi produk dan pasar yang berbeda serta kebijakan pengembangan produk baru.

Perusahaan multibisnis biasanya mengajukan berbagai macam pertanyaan tentang berbagai produk dan unit bisnis yang dikelolanya sehingga dapat menaikkan keseluruhan kinerja perusahaan. Mereka harus mengetahui seberapa banyak waktu dan uang yang harus dianggarkan pada produk dan unit bisnis yang paling baik untuk memastikan bahwa keberhasilan mereka tetap berlanjut. Sayangnya, banyaknya waktu dan uang yang mereka harus anggarkan dalam mengembangkan produk baru ini belum tentu sebanding dengan keuntungan yang mereka dapatkan.

Salah satu alat bantu dalam mengembangkan strategi perusahaan pada perusahaan multibisnis adalah analisa portfolio. Analisis portfolio menempatkan kantor pusat perusahaan pada peran sebagai bankir internal. Dalam analisis portfolio, manajemen puncak memandang unit bisnis mereka sebagai serangkaian investasi yang diharapkan dapat memberikan hasil yang menguntungkan. Unit-unit bisnis ini membentuk portfolio investasi yang harus disulap manajemen puncak untuk menjamin hasil terbaik dari investasi-investasi perusahaan. Salah satu konsep pendekatan yang sering digunakan adalah Matriks BCG.

Apa itu Matriks BCG?

Matriks Boston Consulting Group (BCG) merupakan sebuah diagram yang dibuat oleh Bruce D. Henderson dari Boston Consulting Group pada tahun 1970 untuk membantu berbagai perusahaan untuk menganalisis unit bisnis atau lini produk mereka. Diagram ini menempatkan tiap unit bisnis atau produk perusahaan ke dalam suatu matriks yang memiliki dua sumbu, yaitu pangsa pasar dan pertumbuhan pasar. Diagram ini membantu perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya serta merupakan alat analisis dalam pemasaran merekmanajemen produkmanajemen strategis, dan analisis portofolio.

Matriks BCG terdiri dari empat-sel (2 dari 2) matriks digunakan untuk melakukan analisis portofolio bisnis sebagai langkah dalam perencanaan strategis yang didesain secara spesifik untuk mendorong usaha perusahaan multidivisi da