• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 20 February 2018

Kemudahan SDN bagi User Edge dengan Arsitektur Jaringan Fabric

foto-avaya-2Menurut survei yang dilakukan oleh Dynamic Markets sebuah perusahaan riset independen dan disponsori oleh Avaya, baru-baru ini menemukan sebanyak 99 persen profesional IT berharap SDN dapat berkembang menjadi lebih dari sekedar pusat data; namun, jumlah responden yang hampir sama (93%) mengatakan kemampuan untuk melakukannya saat ini sangat atau cukup terbatas. Tantangan lainnya adalah, 80 persen professional IT baru bersedia mengadopsi SDN, dengan syarat bahwa program SDN harus simple dan mudah dioperasikan.

Melihat harapan yang besar dari para profesional IT tersebut maka Avaya memperkenalkan arsitektur baru software-defined networking (SDN) yang akan membantu perusahaan menciptakan jaringan gesit yang dibutuhkan untuk mengikuti dinamika perkembangan aplikasi-aplikasi yang ada.

Adalah Arsitektur Avaya SDNFx yang pertama memberikan kemudahan “menghubungkan semua, dan di mana saja”, memangkas waktu pengadaan dengan memberikan kemudahan untuk menambahkan perangkat dan pengguna di network edge.

Dibangun di atas teknologi Avaya Fabric Networking, membuat Arsitektur Avaya SDNFx dapat menampilkan fitur dan kemampuan produk baru untuk solusi lengkap yang memenuhi janji SDN, tanpa kompleksitas yang tersembunyi dalam perangkat lunak dan perangkat keras seperti pada kebanyakan vendor lainnya.

“Avaya telah melakukan lompatan besar atas pendekatan teknologi yang saat ini ada dengan produk-produk dan kemampuan barunya, yang memungkinkan solusi SDN lengkap end-to-end tanpa perlu sepenuhnya mengganti jaringan yang ada,” ujar Endang Rachmawati, Country Manager Avaya diacara peluncurannya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Setidaknya ada tiga fitur baru dari produk SDN Avaya untuk Teknologi Avaya Fabric Networking, adalah Open Networking Adapter (ONA), merupakan yang pertama menyediakan koneksi jaringan plug-n-play untuk perangkat apapun yang memiliki port Ethernet termasuk peralatan medis, mesin manufaktur, dan switch kantor cabang. Diperuntukkan bagi pekerja non-TI, perangkat-deck seukuran kartu ini, secara otomatis memberi jalur virtual QoS-terkustomasi di seluruh jaringan yang meringankan risiko keamanan, sehingga memungkinkan terkelolanya ribuan perangkat dengan baik dan simple.

Fabric Orchestrator, merupakan kontroler SDN pertama yang mampu mengelola seluruh sistem secara terpadu. Alat ini mengelola dan mengatur Ethernet fabric serta memberikan SDN kendali atas semua interface. Kemampuan SDN termasuk OpenFlow, OpenDaylight dan OpenStack.

Fabric Extend, kemampuan baru dalam Avaya Fabric Connect memungkinkan perluasan dari Fabric Networking di seluruh jaringan berbasis IP tanpa kehilangan fungsinya. Investasi pada teknologi jaringan yang lama tetap dipertahankan, sementara secara bersamaan, dapat dilakukan pemasangan interkoneksi strategis Fabric Connect di seluruh pusat data, kampus dan cabang.

Terotomasi ke seluruh perusahaan

Fondasi terbaik SDN adalah terotomasi ke seluruh perusahaan, sehingga dapat membantu penguna network edge. Inti otomatis, ekosistem terbuka, serta enable edge merupakan tiga prinsip utama dibangunnya Arsitektur SDNFx Avaya untuk memenuhi banyak harapan departemen TI atas SDN.

Adapun penjabaran dari ketiga prinsip tersebut adalah Inti otomasi, mengambil keuntungan dari fabric network-wide Ethernet tunggal yang menghilangkan keharusan melakukan konfigurasi secara manual pada setiap hop jaringan; sehingga mengurangi potensi kesalahan dan mempercepatk waktu layanan.

Ekosistem terbuka adalah menggunakan protokol standar fabric digabungkan dengan interface terbuka dan perangkat kustomisasi open source, sehingga mampu meningkatkan kecepatan respon atas perubahan kebutuhan bisnis secara presisi dan fleksibel.

Sebuah enable edge, memberikan daya ungkit (leverage) kepada fabric extension untuk menjadi lebih dari sekedar pusat data bagi user edge, yang memungkinkan aplikasi, perangkat dan pengguna dengan mudah terhubung dari mana saja di sepanjang jaringan dan berinteraksi tanpa batas untuk menciptakan lingkungan bisnis yang lebih gesit dan produktif. (Kristiadi)


Related Articles

Symantec Mengatasi Tantangan Pusat Data

Symantec (NASDAQ: SYMC) mengumumkan versi terbaru solusi software NetBackup dan Storage Foundation pada Simposium Symantec Indonesia 2014 di Mulia Hotel,

Trakindo Dukung Generasi Muda Indonesia

PT Trakindo Utama (Trakindo) berkomitmen mendukung perwujudan cita-cita generasi muda Indonesia dalam kontribusinya mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja berkualitas melalui

Commonwealth Life Beri Santunan Anak Yatim

Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh kasih dan berkah, Commonwealth Life mengundang puluhan anak-anak yatim piatu dari Yayasan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*