• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 23 January 2018

Hadapi MEA, Kemnaker Siapkan SDM Indonesia Lewat Program Pelatihan

praktek-lasPeningkatan kualitas dan kompetensi dibutuhkan oleh tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menurut Khairul Anwar, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan dan Produktifitas (Binalatas) Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dibutuhkan adanya suatu formulasi pelatihan bagi tenaga kerja untuk meningkatkan kompetensi.

Menurutnya, ada delapan sektor profesi yang menjadi prioritas dalam menghadapi MEA. Persiapan itu, dengan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia. Apalagi, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,5 juta orang.

“Mereka hanya berbekal pendidikan SMA ke bawah. Solusi untuk mereka adalah peningkatan kompetensi melalui pelatihan,” ujar Khairul Anwar, di Jakarta, Jum’at, (18/3/2016).

Dengan menerapkan program terpadu, penguatan kelembagaan pelatihan dan pemberian sertifikasi porfesi, Kemnaker tidak bisa bekerja sendiri, melainkan perlu melibatkan kementerian dan lembaga terkait untuk mempercepat peningkatan kompetensi dan kemudahan akses dan mutu bagi calon tenaga kerja Indonesia.

“Salah satu contohnya, untuk bidang manufacturing kita menggandeng Kementerian Perindustrian khususnya untuk standar kompetensinya dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar),” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini sedikitnya ada 3,2 juta tenaga kerja yang memiliki sertifikasi profesi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berkompeten. Menurut Khairul, Kemnaker melibatkan pelaku dunia usaha dan pihak swasta. “Salah satu yang sudah berjalan adalah melibatkan pelaku industri otomotif,” tutupnya. (Sumber:http://kemnaker.go.id/)


Related Articles

Commonwealth Raih 2 Penghargaan Sekaligus

Commonwealth Life berhasil meraih dua penghargaan gemilang yakni penghargaan “Excellent Service Experience Award” (ESE Award) 2016 dan “Infobank Unit Link

Membangun Mutu SDM lewat Universitas Terbuka

Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal merupakan modal utama suatu bangsa untuk bersaing dengan negara lain. Namun, mutu dan kehandalan

5 Jabatan Pekerjaan Yang Aneh

Jabatan atau posisi pekerjaan yang tidak biasa atau unik mungkin bisa menyenangkan dalam konteks yang tepat. Bahkan bisa jadi nama

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*