• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 17 August 2018

Hadapi MEA, Kemnaker Siapkan SDM Indonesia Lewat Program Pelatihan

praktek-lasPeningkatan kualitas dan kompetensi dibutuhkan oleh tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menurut Khairul Anwar, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan dan Produktifitas (Binalatas) Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dibutuhkan adanya suatu formulasi pelatihan bagi tenaga kerja untuk meningkatkan kompetensi.

Menurutnya, ada delapan sektor profesi yang menjadi prioritas dalam menghadapi MEA. Persiapan itu, dengan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia. Apalagi, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,5 juta orang.

“Mereka hanya berbekal pendidikan SMA ke bawah. Solusi untuk mereka adalah peningkatan kompetensi melalui pelatihan,” ujar Khairul Anwar, di Jakarta, Jum’at, (18/3/2016).

Dengan menerapkan program terpadu, penguatan kelembagaan pelatihan dan pemberian sertifikasi porfesi, Kemnaker tidak bisa bekerja sendiri, melainkan perlu melibatkan kementerian dan lembaga terkait untuk mempercepat peningkatan kompetensi dan kemudahan akses dan mutu bagi calon tenaga kerja Indonesia.

“Salah satu contohnya, untuk bidang manufacturing kita menggandeng Kementerian Perindustrian khususnya untuk standar kompetensinya dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar),” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini sedikitnya ada 3,2 juta tenaga kerja yang memiliki sertifikasi profesi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berkompeten. Menurut Khairul, Kemnaker melibatkan pelaku dunia usaha dan pihak swasta. “Salah satu yang sudah berjalan adalah melibatkan pelaku industri otomotif,” tutupnya. (Sumber:http://kemnaker.go.id/)


Related Articles

Understanding The Differences Between Agile and Waterfall Job Management

If you’re in product style, software anatomist, construction or any other industry, there is certainly generally even more than an

Setiap Daerah Harus Punya Potensi & Daya Tarik Bagi Investor

Membangun karakter kabupaten sangat penting agar menjadi daya tarik bagi para investor. Hal ini diungkapkan Presiden RI Joko Widodo saat

Penurunan Ekonomi Nasional, Menambah pengangguran?

Penurunan ekonomi nasional bukan semata-mata hanya faktor global, tetapi yang utama adalah faktor yang mendasar dalam negeri yaitu kenaikan Bahan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*