• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 June 2018

ICC Luncurkan ISBP

International Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional meluncurkan Buku Standar Internasional Praktik Perbankan (International Standard Banking Practice/ISBP) versi terbaru.Buku ISBP yang diluncurkan di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta pada 26 Juni 2013 ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan pedoman yang lebih baik bagi pelaku ekspor dan impor Indonesia dalam transaksi perdagangan internasional, khususnya dalam penggunaan Letter of Credit.

ISBP merupakan suatu standar global untuk transaksi perdagangan antarnegara yang telah terbukti dapat meminimalisasi penyimpangan dan kesalahpahaman antarpelaku perdagangan dari negara-negara dengan hukum perdagangan dan perbankan yang berbeda.

ICC Luncurkan ISBP

Penerbitan ISBP versi terbaru ini diperlukan untuk menjamin kelancaran perdagangan di era globalisasi, dimana perkembangan dan perubahan kebiasaan dalam praktik perdagangan internasional yang semakin kompleks.

Buku yang diterbitkan dalam dua bahasa ini merupakan edisi penyempurnaan dari edisi sebelumnya dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi penggunanya. “Pemahaman yang baik atas ISBP akan mengurangi risiko dan biaya-biaya tak terduga bagi pengusaha yang melakukan perdagangan internasional sehingga potensi terjadinya permasalahan dan perselisihandalam perdagangan internasional akan berkurang. Dengan demikian, kemampuan dan daya saing eksportir dan importir Indonesia akan meningkat,” ujar Herry Hikmanto, Direktur Danamon yang juga menjabat sebagai Chairman Banking Technique & Practice Commission ICC Indonesia.

Danamon sebagai salah satu bank yang paling aktif dalam bisnis trade finance di Indonesia mendukung dalam penyempurnaan dari standar internasional ini. Dukungan yang diwujudkan dalam bantuan teknis perancangan versi ISBP terbaru khususnya pada pembuatan versi Bahasa Indonesia.

“ICC sangat menghargai dukungan Danamon, BNI, Bank SBI Indonesia, Bank OCBC NISP, BRI, Bank Mayapada Internasional, Bank BJB dan Bank Muamalat dalam penerbitan versi terbaru ISBP ini, terutama untuk versi Bahasa Indonesia. Kami yakin pemahaman yang lebih baik terhadap ISBP bagi pengusaha Indonesia akan secara langsung meningkatkan kemampuan para pengusaha Indonesia dalam melakukan transaksi perdagangan di pasar internasional, khususnya dengan mitra dagang dari benua Eropa dan Amerika,” kata Gary Collier, ICC paris.


Related Articles

Ganhe mais sentado em coisa sem muito serviçoemprego duro

Quando o capital vem, não importa o caminho. A renda passiva é a renda de que vem regularmente para uma

Perlukah Gelar Sarjana Tertentu Untuk Bekerja di Dunia HR?

Lebih dari satu dekade beragam pengalaman di dunia HR  - atau mungkin dalam beberapa kasus justru lebih dari satu dekade

BFI Finance Salurkan Pembiayaan Baru Senilai Rp6,7 Triliun di Semester I

Tantangan yang dihadapi industri pembiayaan kendaraan sejak tahun lalu cenderung membaik di semester pertama tahun ini. Meskipun pertumbuhan ekonomi masih

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*