• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 June 2018

Human Capital Club, Budaya Perusahaan Yang Fun Dan Happy

foto-acara-zaloraHuman Capital Club (HCC) merupakan organisasi non formal yang diselenggarakan oleh ActionCOACH South Jakarta (ACSJ) dan The Executive Centre (TEC). Acara ini diselenggarakan setiap bulan untuk memberikan nilai tambah bagi pemilik bisnis atau perusahaan, dan direktur HRD.

Budaya perusahaan merupakan nilai-nilai yang berlaku di suatu perusahaan. Nilai-nilai yang berlaku tersebut dapat merupakan nilai-nilai yang terbentuk sesuai dengan nilai-nilai pribadi seorang pendiri perusahaan, dengan berjalannya waktu membentuk menjadi nilai-nilai yang berlaku di perusahaan. Sebuah perusahaan ada yang dengan sengaja menentukan nilai-nilai perusahaan agar visi dan misi perusahaan dicapai melalui cara yang sesuai dengan nilai-nilai yang sudah di tetapkan.

Pransiscus Budi Pranata,CFO Zalora, mengatakan, sebagai perusahaan online untuk fashion terbesar di Asia dengan omset dua kali lipat per semester. Zalora Indonesia merupakan negara no 1 di Asia, dalam hal pertumbuhan, ukuran bisnis, jumlah karyawan dan budaya perusahaan.

“Zalora adalah sebuah perusahaan yang dengan sengaja menentukan dan mengimplementasikan budaya perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan sesuai dengan jenis bisnis, target pelanggan dan tipe karyawan yang harus dan akan bekerja di perusahaan ini. Nilai-nilai yang dibangun di Zalora, para karyawan pada senang dan bahagia, yang  membuat pelanggan bahagia,” ungkap Fransiscus.

Pelanggan bahagia membuat bisnis berkembang hingga dapat mencapai Visi dan Misi perusahaan. Dengan keyakinan ini, Zalora menanamkan nilai-nilai bersenang-senang yang dilengkapi dengan berorientasi pada hasil, serta nilai-nilai lainnya, dengan fokus pada Pelanggan. Kebebasan dan ruang gerak yang terukur dan pengakuan atas keberhasilan, untuk meningkatkan Inovasi pada karyawan.

“Sebagai implementasi dari nilai-nilai tersebut, kami menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh karyawan sebagai sarana untuk melepas beban kerja dan meningkatkan kreatifitas untuk mencapai hasil kerja yang di targetkan, tambahnya.

Sementara itu, Yunita Taniwangsa, Business Action Coach,  berpendapat, dari diskusi ini, dapat disimpulkan bahwa budaya perusahaan itu perlu untuk setiap perusahaan. Fun dan happy sebagai budaya perusahaan itu penting untuk membuat karyawan bahagia agar dapat memberi kebahagiaan kepada pelanggan dan pelanggan yang bahagia akan memberikan bisnis terus menerus, merupakan salah satu kunci sukses perusahaan.

Namun implementasi fun dan happy ini dapat berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik di industri sejenis maupun industri berbeda serta disesuaikan dengan ukuran perusahaan, serta nilai-nilai lain yang ditentukan secara strategis oleh peminpin perusahaan.

Budaya perusahaan ini digunakan pula sebagai acuan dalam seleksi karyawan, karena diyakini karyawan yang tepat untuk budaya perusahaan, akan lebih mudah dan nyaman beradaptasi, lebih cepat produktif dan bekerja lebih lama di perusahaan.

“Pengembangan karyawan, selain fokus pada kemampuan teknis dilengkapi dengan pengembangan kemampuan dan evaluasi kemampuan dalam menerapkan budaya perusahaan, hingga gaya kepemimpinan yang sesuai dengan buaya perusahaan, katanya.

Keselarasan budaya perusahaan dengan setiap kegiatan sebagai implementasi terbentuknya budaya perusahaan yang kuat. Beberapa perusahaan bahkan memperlihatkan penurunan dalam pergantian karyawannya. (Ridwan Effendi)


Related Articles

Cerdas Financial Bersama #DoITCERDAS

Guna membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki pengetahuan mengenai literasi keuangan, PT Home Credit Indonesia, perusahaan penyedia jasa pembiayaan

Nj-new jersey Lawmakers Clobber Sports Unions In Wagering Bill

Football is definitely an popular sports. Some people check out the particular online games meant for the enjoyable of the

Inovasi SanDisk di Dunia Data Storage

Akselerasi teknologi yang makin pesat, membawa banyak perubahan pada peradaban manusia. Khususnya pada bidang komputerisasi dan layanan media penyimpanan (data storage), tercipta

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*