• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

HRIS Mudahkan Organisasi Kelola SDM

TalentaDigital1Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset utama dan sumber keunggulan kompetitif dari organisasi. Dalam pengelolaan SDM dan sumber keunggulan lain seperti keuangan dan produksi, jelas memerlukan penanganan dari SDM yang ada. Keterlibatan SDM sangat menentukan kesuksesan proses perubahan organisasi karena SDM merupakan subyek penting yang akan melaksanakan proses perubahan dan hasil dari proses perubahan yang direncanakan.

Untuk menunjang kesuksesan perusahaan diperlukan pengintegrasian fungsi SDM melalui praktek-praktek SDM dalam strategi bisnis perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberdayakan SDM yang dimiliki dalam pengelolaan berbagai unit kerja dalam organisasi agar proses pengelolaan sumber-sumber daya tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Human Resources Information System atau biasa dikenal sebagai HRIS.

“HRIS merupakan sebuah sistem yang mampu memudahkan HR dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, bukan hanya sekadar cost efficiency,” ujar Suryo Sasono, Head of HRBP PT. Go-Jek Indonesia dalam acara Talenta Digital Gathering bertema “Implementasi Human Resources Information System dalam hal pengelolaan SDM” di Jakarta, Selasa (9/5). Yang perlu diingat, kehadiran HRIS bukan cuma tentang perusahaan akan menghasilkan profit seberapa banyak, tapi mendapatkan sesuatu hal yang tak kalah penting. “Ada value added disitu. HR tidak hanya sebatas admin saja, tapi dengan adanya HRIS, HR juga menjadi change agent bagi perusahaan,” papar Suryo kembali.

Di Go-jek Indonesia sendiri, implementasi HRIS sudah lama diterapkan yaitu sejak perusahaan ini berdiri mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan ojek berbasis aplikasi atau lebih dikenal dengan ojek online. “Tapi khusus untuk payroll, kami sudah terapkan beberapa bulan terakhir ini dengan memakai software payroll dari Talenta Digital,” tutur Suryo seraya menambahkan biasanya untuk peluncuran atau penggunaan produk baru dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan, dari awal perencanaan hingga peluncuran produk tersebut.

Dalam proses implementasi software termasuk software payroll, Suryo mengakui bahwa perbedaan generasi memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Adaptasi teknologi dari gen Y lebih cepat dibandingkan gen X. “Kalau gen Y cukup dikumpulkan dan dikirim dalam satu email, mereka bisa baca sendiri,” akunya. Sedangkan karyawan dari gen X, perlu panduan secara jelas dan dilakukan secara tatap muka.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam penyampaian produk atau software, Suryo menjelaskan bahwa biasanya HR akan mengumpulkan para top manajemen untuk briefing. Kemudian para top manajemen akan meneruskan ke bawah hingga ke level staf. “Dari situ HR bisa tahu kesulitannya di apa. Kami juga lakukan juga sosialisasi, undang semua karyawan dan informasikan ada tools baru. Tapi yang pasti ujung-ujungnya hanya masalah komunikasi saja. Kalau gen Y komunikasinya bisa lebih ringkas, tapi kalau gen X mesti komunikasi langsung,” paparnya panjang lebar.TalentaDigital

Suryo sendiri berencana melakukan penerapan HRIS di Go-Jek Indonesia tidak hanya sebatas payroll. Ia berharap bisa mengimplementasikan sebuah software yang berisi beragam tool yang memudahkan HR dalam beberapa hal seperti talent mapping, pelatihan, dan lain-lain. “Kami sedang mencari sebuah software yang bisa untuk itu di luar sana. Daripada kami cari banyak tool untuk beberapa vendor, lebih baik pakai satu vendor yang bisa untuk semua aplikasi. Jadi bisa connect antara satu tool dengan tool lain,” jelasnya.

Sementara itu, Alexander Novendo Djafar, HRD & Project Manager Talenta Digital, menjelaskan jika kehadiran HRIS merupakan sebuah sistem pendukung proses pengambilan keputusan manajemen dengan ketersediaan berbagai informasi yang diperlukan seperti Informasi kebutuhan karyawan, sistem rekruitmen, informasi data pegawai, informasi pengelolaan pegawai sampai informasi mengenai pemberhentian pegawai. “Software HR bukan untuk balik modal, tapi justru membantu HR untuk mengelola karyawan. Kalau masih menggunakan program Excel, bisa saja datanya hilang. Tapi kalau software HR, bisa disimpan di server dan  di cloud,” kata Alex.

Talenta Digital memiliki beberapa fitur seperti HRIS Dasboard, Employee Database, Attendance, Payroll, dan Reporting. “Keunggulan bagi perusahaan yang menggunakan softare payroll di antaranya adalah bisa memudahkan perusahaan dalam menghitung take home pay, adanya pay slip yang bisa diberikan kepada karyawan, penyediaan Kepmen tentang BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, membuat grade jadwal karyawan shift, dan lain-lain,” ujar Alex menjelaskan hal ini. Pada prinsipnya, software payroll dapat membantu mempersingkat proses keseluruhan, membuat pengelolaan payroll lebih hemat waktu dan tidak rumit.

 Sebagai pemain baru dalam hal software HR, Alex menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan software HRIS sehingga kebutuhan klien dan HR secara keseluruhan bisa terpenuhi. “Bahkan dalam waktu dekat ini, Talenta Digital berencana meluncurkan sebuah terobosan baru yaitu berupa HRIS mobile web, yang bisa diakses oleh karyawan ketika sedang di luar kantor,” tutur Alex sambil menambahkan jika harga yang dikenakan per paket sangat kompetitif dan disesuaikan dengan jumlah karyawan mulai dari 50 karyawan hingga ribuan karyawan.  (Ratri Suyani)


Related Articles

Transformasi TKI menjadi TPI

Peningkatan kompetensi menjadi keharusan dalam rangka mewujudkan percepatan transformasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi Tenaga Profesional Indonesia (TPI). TPI diperlukan

AJI Jakarta: Upah Layak Wartawan Rp 6,5 Juta Per Bulan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menyatakan, besaran upah layak bagi wartawan di DKI Jakarta adalah Rp 6,5 juta per bulan.

Kegiatan Edukasi dan Donasi Semarakan Ultah ke-25 Commonwealth Life

Commonwealth Life merayakan 25 tahun kehadirannya mewarnai industri asuransi jiwa di Indonesia tepat di tanggal 25 Juli 2017. Selama lebih dari

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*