• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 17 August 2018

Dettol Indonesia Gelar Edukasi dan Bangun 4000 Fasilitas Cuci Tangan

dettol1Dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, hari ini Dettol Indonesia bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta menggelar edukasi akan pentingnya cuci tangan dengan sabun di RPTRA Meruya Utara, Jakarta Barat. Program edukasi yang berada dalam naungan Misi Hidup Sehat bersama Dettol ini mengajak seluruh siswa sekolah yang berada di lingkungan RPTRA  Meruya Utara, untuk bersama-sama berikrar dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, dimulai dari mencuci tangan setiap dan setelah beraktivitas. Dalam kesempatan tersebut, Dettol Indonesia juga menyerahkan 400 fasilitas cuci tangan yang dibangun di sekolah-sekolah dan ruang publik di provinsi DKI Jakarta.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia merupakan hari yang secara global didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Setiap tahunnya, Dettol memanfaatkan kesempatan ini untuk mewujudkan komitmen dalam membantu masyarakat untuk membuat hidup lebih sehat dan bahagia dengan mensosialisasikan gaya hidup sehat: cuci tangan dengan sabun, khususnya kepada anak-anak usia dini.

Data Riset Kesehatan Dasar 2007 mengungkapkan bahwa di Indonesia, diare masih menjadi penyebab kematian anak, yaitu sebesar 31 persen di antara anak di bawah usia satu tahun dan 25 persen kematian anak usia antara satu hingga empat tahun. Sementara itu, berdasarkan Kajian Analisa Resiko Kesehatan Lingkungan yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan pada tahun 2013, hanya 18,5 persen masyarakat Indonesia yang mencuci tangan dengan sabun. Cuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling murah untuk mencegah kematian dan penyakit yang berhubungan dengan diare.

Faraz Shamsi, Marketing Director Reckitt Benckiser Indonesia mengatakan, “Kami percaya akan pentingnya menanamkan perubahan perilaku sehat pada usia dini. Sebuah tindakan sederhana, mencuci tangan dengan sabun, dapat mencegah penyakit dan kematian. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia merupakan kesempatan bagi kami untuk menggelar sebuah acara yang dapat memberikan dampak positif, dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis. Akses terhadap fasilitas cuci tangan di sekolah juga merupakan langkah awal untuk menanamkan hidup bersih.”

Acara ini dihadiri oleh empat sekolah di lingkungan RPTRA Meruya Utara:  SDN Meruya Utara 02, SDN Meruya Utara 08 (Pagi), SDN Meruya Utara 11 (Petang) dan SMPN 215.  Para siswa; Walikota Jakarta Barat H.M Anas Effendi, SH,MM, perwakilan Kementerian Kesehatan; dr.Imran Agus Nurali, Sp.KO dan Reckitt Benckiser bersama-sama menyampaikan ikrar untuk menjadikan cuci tangan dengan sabun sebagai bagian dari kebiasaan hidup sehat.

Edukasi terhadap cuci tangan ini sudah dimulai Dettol sejak tahun 2008. Hingga tahun 2016, Dettol telah membangun lebih dari 2.944 fasilitas cuci tangan untuk sekolah-sekolah di Indonesia dan telah memberikan edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat kepada 3.062.440 anak-anak sekolah dasar. (Ratri Suyani)


Related Articles

Indosat Ooredoo Kembangkan Program Pendidikan Berbasis Digital

Sebagai bagian dari transformasi menjadi Indosat Ooredoo, perusahaan ini menyatakan komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan membawa dunia digital

Trakindo Peduli Pendidikan

Pendidikan berkualitas yang berbasis karakter akan mendukung keberhasilan pembangunan nasional, kualitas guru memegang peranan penting bagi peningkatan pendidikan di Indonesia.

PPM Manajemen Turut Mengurangi Angka Kemiskinan Melalui Program CSR

Workshop CSR and Inclusive Business yang membahas tentang beragam cara yang telah ditempuh oleh banyak perusahaan dalam rangka menginisiasi Program

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*