• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 July 2018

CV Bukan Sekadar Untuk Mencari Kerja

CVCurriculum Vitae (CV) biasanya digunakan sebagai pelengkap ketika seseorang ingin melamar sebuah pekerjaan. Seperti diketahui, CV digunakan sebagai referensi perusahaan untuk menentukan diterima atau tidaknya seseorang dalam sebuah pekerjaan.

Sebetulnya CV tidak hanya sebagai pelengkap untuk melamar pekerjaan saja, tetapi CV bisa menjadi acuan motivasi diri agar menjadi lebih baik. Juga bisa sebagai alat yang menyimpan record dari semua kompetensi yang Anda kuasai, pengalaman yang Anda dapatkan, achievement (result) yang Anda capai. Idealnya setiap tahun CV Anda harus di update, karena pengalaman, kompetensi dan achievement Anda setiap tahun pasti bertambah.

Kebanyakan dari kita, CV dibuat hanya pada saat akan melamar suatu pekerjaan, yang akhirnya kita lupa akan pencapaian-pencapaian (achievement) yang telah diraih selama bekerja. Atau jangan-jangan, selama ini kita lupa atau tidak terpikirkan untuk meng-update? Kita hanya bekerja setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, dan tanpa terasa waktu terus berganti dan ternyata, kompetensi tidak bertambah, pengalaman tidak meningkat, dan achievement juga tidak menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, agar kompetensi bertambah, peningkatan pengalaman serta achievement lebih baik, maka Anda harus terus meng-update CV Anda, supaya bisa menjadi acuan dan motivasi diri, apakah CV Anda tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Dan Anda juga bisa memasang target apa yang akan Anda tuliskan di CV Anda untuk tahun depan. Tujuannya, supaya kompetensi dan kualifikasi (dan gaji) Anda naik setiap tahun.

Bukankah kita harus continuous improvement? Bukankah orang yang beruntung adalah orang yang masa sekarangnya lebih baik daripada masa lalunya? Bukankah orang yang masa sekarangnya sama saja dengan masa lalunya adalah orang-orang yang rugi?

Agar tidak menjadi orang yang merugi Anda harus terus melakukan perubahan. Perubahan bisa dimulai dari CV sebagai alat untuk mengukur kompetensi, pengalaman dan achievement yang dicapai yang bisa ditanamkan pada diri sendiri. Sehingga kita bisa menuntut (pada diri sendiri) agar terjadi peningkatan pada diri dalam tiga hal tersebut di atas (kompetensi, pengalaman, achievement).

Mungkin pada waktu SMA, ada yang sudah menuliskan ijasah SMAnya dengan angka 9 untuk mata pelajaran tertentu, seperti matematika, fisika dan kimia. Maksudnya adalah menuntut pada diri sendiri untuk belajar lebih keras agar nanti di ijasahnya tertulis angka tersebut. Pada saat belajar keras, seringkali motivasi naik turun. Pada saat motivasi turun, akan timbul rasa malas belajar (hal ini manusiawi). Oleh karena itu, kita harus membangun subconscious pada diri sendiri dengan mengatakan, “Saya harus lebih giat belajar agar bisa mendapat angka 9 di ijasah saya?” Dengan begitu akan termotivasi lagi untuk lebih giat belajar.

Hal yang sama bisa terjadi pada saat Anda memasuki sebuah pekerjaan baru, Anda juga sudah menuliskan apa saja yang akan Anda capai dalam tiga tahun ke depan dari segi kompetensi, pengalaman dan achievement. Tentu Anda sudah mencetak CV Anda tiga tahun ke depan (dengan peningkatan dalam ketiga hal tersebut).

Di dunia kerja, pasti ada aspek yang kita senang, ada juga aspek yang kita tidak suka (susah, membosankan dan menyebalkan). Akan tetapi setiap kali Anda sedang demotivasi atau lagi turun semangat, Anda bisa berkata pada diri sendiri, “Nanti CV saya gak meningkat.” Dan Anda pun bisa menyemangati diri sendiri agar bekerja lebih keras lagi. (Because the only person who can motivate you is yourself).

Jadi, CV bukan hanya untuk mencari kerja, tetapi juga sebagai alat ukur kompetensi, pengalaman dan achievement kita, sekaligus sebagai alat untuk memotivasi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Oleh karena pentingnya CV maka, mulai lah meng-update CV Anda dari sekarang untuk meraih kesuksesan sesuai yang dicita-citakan. (Kristiadi, disarikan dari ceritera Pambudi Sunarsihanto, Praktisi SDM)


Related Articles

Juggling with Priorities

Di dalam kehidupan atau dalam bisnis, seringkali kita harus mengerjakan beberapa hal sekaligus pada periode waktu yang sama. Dan hal

5 Langkah Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas adalah tolok ukur bagi kemajuan organisasi/perusahaan. Kemajuan organisasi/perusahaan merupakan kesuksesan tim yang memiliki produktivitas tinggi. Bagaimana kesuksesan itu bisa

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Sales

Cynthia (bukan nama sebenarnya) adalah seorang Sales Manager di sebuah perusahaan Amerika yang beroperasi di Jakarta. Cynthia memimpin sebuah sales

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*