• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 17 August 2018

Compensation & Benefit, Bagaimana Seharusnya?

Pertanyaan:
Perusahaan kami bergerak dalam bidang telekomunikasi terpadu. Karena desain awal struktur organisasi yang terlalu gemuk, maka manajemen puncak ingin melakukan pembenahan jabatan dan otomatis berdampak kepada sistem kompensasi dan benefit (remunerasi). Kami masih mengalami kesulitan dalam melakukan pembenahan jabatan dan sistem remunerasi ini karena nama jabatan pada lapisan tertentu akan hilang. Resistensi atau komplain pemilik jabatan sangat tinggi terhadap program strategis ini. Belum lagi, kehilangan jabatan tersebut juga bisa berdampak kepada remunerasi yang bersangkutan. Manajemen sudah meminta agar program pembenahan ini tidak menaikkan biaya overhead, dan kalau bisa malah menurunkannya. Bagaimana solusi yang sebaiknya dilakukan perusahaan agar program pembenahan ini bisa dilakukan dengan sukses?

Sebelumnya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Salam,
Handoyo P.
Senior Manager Human Capital
PT TGI
Jakarta

Jawaban:
Rum Data MutiaraMenurut hemat kami, pemecahan masalah yang dihadapi perusahaan Bapak mencakup 2 hal utama, yakni mencari solusi teknis untuk mengatasi persoalan, dan manajemen perubahan. Dalam jawaban kali ini, kami tidak membahas hal kedua, tetapi lebih fokus kepada hal pertama, yakni mencarikan solusi teknis dari persoalan yang ada. Melakukan pembenahan jabatan dan remunerasi pada perusahaan yang terlanjur sudah bikrokratis (banyak level dan nama jabatan) memang tidak mudah untuk dilakukan.

Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah menyederhanakan jumlah level jabatan. Misalnya, ada Senior VP, VP, Asisstant VP, Kepala Divisi, Senior Manager, General Manager, Manager, dan Asisten Manajer di dalam perusahaan, baik di kantor pusat maupun di level operasional wilayah. Untuk menyederhanakan jabatan dan nama jabatan tersebut, maka penyetaraan dan pengelompokan nama jabatan tersebut harus dilakukan. Misalnya, VP, Kepala Divisi, dan General Manager merupakan satu kelompok. Lalu, Senior Manager dan AVP satu kelompok.

Biasanya, perusahaan tidak langsung menghilangkan nama jabatan tersebut pada kesempatan pertama. Langkah pertama, melakukan pengelompokan jabatan seperti di atas. Setelah itu baru menghilangkan jabatan yang dirasa tidak perlu. Agar pemilik jabatan tidak resisten atas kehilangan jabatan itu, maka perusahaan harus memastikan bahwa kompensasi dan benefit yang diterima tidak berkurang dari sebelumnya. Namun, dalam jangka panjang, perusahaan kemudian melakukan pembatasan besaran kenaikan gaji berdasarkan nilai wajar remunerasi sesuai dengan posisinya dalam kelompok yang sama. Ini yang kemudian dikenal dengan Broadbanding, dimana besaran remunerasi sekelompok jabatan dibuat dalam bentuk pita yang lebih lebar.

Pemilik jabatan dalam pita tersebut remunerasinya bergerak dalam sebuah pita dari posisi rendah ke posisi lebih tinggi hanya akibat penyesuaian gaji, bukan akibat adanya tambahan benefit (tunjangan jabatan dan sebagainya, karena jabatannya masih satu kelompok). Dengan cara Broadbanding, desakan bagi pemilik jabatan untuk naik jabatan bisa dikendalikan, begitu pula desakan kenaikan remunerasi terkait dengan jabatan. Pada gilirannya, Broadbanding membantu perusahaan menjadi lebih ramping secara struktur.

Demikian jawaban kami. Semoga bisa membantu Bapak.
Rum Data Mutiara


Related Articles

Langkah-langkah Penggabungan Unit Kerja

Dear pak Syahmuharnis, Perkenalkan nama saya Janathan, alumni IPB angkatan 40, dan pernah ikut training Bapak (HRMP) MKI bulan September 2014

Bagaimana memaksimalkan Performance Management?

Pertanyaan: Perusahaan kami bergerak dalam industri kimia terpadu dengan wilayah operasi yang mengglobal. Perusahaan kami sudah menerapkan KPI (Key Performance

Bagaimana Mengembangkan Talent Management?

Pertanyaan: Terkait dengan sasaran strategis manajemen SDM yang berfokus kepada Talent Management, perusahaan kami sudah mulai menjalankan Talent Management beberapa

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*