• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 July 2018

Certified Behavioral Event Interviewer

BehaviorLatar Belakang
Interview merupakan salah satu metode yang paling banyak dipakai sebagai predictor ketika melakukan penilaian kompetensi seseorang dalam suatu organisasi. Tujuan penggunaannya pun cukup beragam, seperti rekrutmen, penempatan, promosi jabatan, perencanaan suksesi, penentuan area training dan pengembangan, manajemen kinerja, dan besaran kompensasi & benefit pegawai.

Namun, karena kurangnya pengetahuan dan keahlian, sering kali pewawancara memakai interview tradisional yang sebenarnya disadari kurang akurat untuk dipakai sebagai alat peramal. Ada satu teknik khusus yang dikembangkan agar interview benar-benar dapat diandalkan sebagai predictor, yaitu Behavioral Event Interview. BEI telah teruji secara luas sebagai teknik interview yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi sebagai alat peramal bahwa seorang calon akan sukses menjalankan pekerjaannya nanti.

BEI sangat akurat dalam mendapatkan data dari calon pengisi jabatan berkaitan dengan kompetensi, tata nilai, kepemimpinan, dan soft competency lain dengan mendalami perilaku yang muncul dalam suatu event aktual yang kritikal (Critical Incident Technique), yang pernah dialami orang yang diwawancarai.

Tujuan BEI ialah memperoleh secara rinci deskripsi tentang tindakan (behavior evident) seseorang dalam situasi kritikal (to get behind what people say they do, to find out what they really do). Namun, sejauh mana ketepatan hasil pemetaan kompetensi tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan pewawancara (interviewer).
Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan yang dapat membekali pengetahuan dan keterampilan bagi seorang pewawancara untuk berhasil menjalankan tugasnya. Adapun sertifikasi untuk peserta yang sudah dinyatakan lulus akan dikeluarkan oleh Kazian Global School of Business Management dari India dan MKI Corporate University sehingga diharapkan mendapatkan pengakuan nasional dan regional.

Tujuan
Program ini diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan organisasi tentang pentingnya interviewer yang handal dan terstandard agar tingkat kegagalan rekrutmen, pe­nempatan, pengembangan karir, dan penilaian kinerja dapat diminimalisir.

Sasaran:
Dengan training ini peserta akan memahami kegunaan interview, kelebihan dan kekurangan beberapa teknik interview yang ada, serta terampil melakukan interview yang berbasis Behavioral Event yang dimulai dari penentuan dimensi yang akan ditanyakan, menentukan key behavior, menyusun daftar pertanyaan, melakukan wawancara BEI, lalu menarik kesimpulan.

Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan adalah pimpinan, staf, konsultan, dan siapa saja yang telah dan akan berperan dalam melaksanakan penilaian kompetensi pegawai/calon pegawai untuk tujuan rekrutmen, penempatan, perencanaan dan pengembangan karir, training dan pengembangan, dan penilaian kinerja pegawai. Peserta tidak mesti lulusan dari Fakultas Psikologi.

Materi Pelatihan

  1. Memahami beberapa metode interview
  2. Permasalahan yang sering timbul dalam interview.
  3. Memahami konsep dan tujuan BEI.
  4. Teknik STAR (Situation, Task, Action, Result).
  5. Memahami key behavior dari dimensi yang akan dilihat
  6. Menyusun pertanyaan
  7. Teknik komunikasi dalam interview
  8. Teknik bertanya .
  9. Teknik mendengar.
  10. Teknik mencatat
  11. Teknik observasi
  12. Teknik integrasi, pengolahan data, dan pengambilan keputusan tentang rating dan level kompetensi
  13. Penulisan laporan, meliputi penulisan laporan individu dan laporan kelompok 14. Do’s and Dont’s dalam BEI

Related Articles

Building Sales Culture in Your Organization

Presents: A Two Days Practical Workshop Dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi, tentunya setiap organisasi dari tahun ke tahun

Strengths Based Human Capital Management

Selama ini kita mengenal sistem manajemen sumberdaya manusia organisasi menggunakan pendekatan Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi atau Competence-based Human Resource

Certified Assesment Center Assessor

Pemanfaatan assesment center sebagai salah satu metode untuk memetakan kompetensi karyawan di dalam suatu perusahaan/organi­sasi, semakin hari semakin besar. Tujuan

9 comments

Write a comment
  1. Liza
    Liza 26 March, 2015, 17:57

    Perlu info utk ikut serta pada training sertivikasi BE yg tgl 8-9 April

    Reply this comment
  2. Liza
    Liza 26 March, 2015, 17:58

    Perlu info utk ikut serta pada training sertivikasi BE yg tgl 8-9 April 2015

    Reply this comment
  3. Aziez
    Aziez 3 April, 2015, 19:15

    Mohon info lebih lengkap tentang event Certified Behavioral Event Interviewer 8-9 April 2015, tempat pelaksanaan dimana dan investasi berapa. Terima kasih

    Reply this comment
  4. Denny Arifianto
    Denny Arifianto 3 February, 2017, 16:19

    Mohon dikirimkan jadwal pelatihan 2017

    Reply this comment

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*