• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 18 June 2018

Buruh di Jerman Boleh Bekerja 28 Jam Seminggu dan Gaji Naik

Buruh-BOSCHPara buruh di Jerman sedang bersuka cita saat ini. Pasalnya, Serikat pekerja terbesar Jerman IG Metall berhasil mencapai kesepakatan penting dengan para pengusaha agar para buruh bisa mendapatkan upah yang lebih tinggi dan jam kerja yang lebih pendek. IG Metall melakukan negosiasi dengan perwakilan lebih dari 700 perusahaan di kawasan barat daya Jerman. Kesepakatan ini diperkirakan akan berdampak pada seluruh industrI Jerman.

Dalam kesepakatan tersebut, berisi tentang kenaikan gaji para buruh sebesar 4,3% selama 27 bulan ke depan. Selain itu, mereka juga kini diperbolehkan untuk bekerja 28 jam kerja setiap minggu selama dua tahun, setelah itu jam kerja akan kembali menjadi 35 jam seminggu.

Pengurangan jam kerja menjadi 28 jam per minggu bertujuan agar buruh punya waktu luang untuk merawat anak-anak mereka atau sanak saudara mereka. Konsekwensinya, upah akan dikurangi karena jam kerja yang berkurang. Pekerja juga memiliki pilihan antara metode pembayaran satu kali (jumlah bulanan, tahunan, atau jumlah tertentu) atau jam kerja yang lebih pendek.

Pengusaha tidak diperbolehkan untuk melarang pekerja memanfaatkan jam kerja yang lebih pendek dalam kondisi apapun. Namun, sebagai imbalan untuk menyetujui minggu kerja yang lebih pendek, pengusaha menerima hak untuk meminta agar para pekerja mengambil kontrak kerja 35 jam atau 40 jam seminggu, yang oleh beberapa analis dianggap kontraproduktif atas kemajuan serikat pekerja.

Perjanjian tersebut pada awalnya akan mencakup 900.000 buruh logam dan listrik di negara bagian Baden-Württemberg, yang merupakan rumah bagi perusahaan industri besar seperti Bosch dan Daimler. Pengamat industri percaya bahwa persyaratan baru pada akhirnya akan diluncurkan di seluruh wilayah negara tersebut. (Ratri Suyani. Sumber: HRMAsia)


Related Articles

ASC XI 2016 Ajang Pembuktian SDM Terbaik se-ASEAN

ASEAN Skills Competition (ASC) merupakan ajang kompetisi bagi talent-talent muda terampil, berbakat dan terbaik se-ASEAN. ASC memberikan dorongan kepada Negara-negara

ICC Luncurkan ISBP

International Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional meluncurkan Buku Standar Internasional Praktik Perbankan (International Standard Banking Practice/ISBP) versi terbaru.Buku ISBP

LenovoThinkStation P Series, Teknologi Workstation Berkinerja Tinggi

Kini para profesional di bidang teknik, arsitektur, media dan hiburan, minyak & gas, medis & ilmu pengetahuan, keuangan dan industri

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*