• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 18 June 2018

Benarkah Teknologi Belum Berdampak Besar Pada E-learning?

Teknologi-humanPengaruh teknologi memang merubah segalanya termasuk seluruh aspek bisnis yang ada di dunia. Bahkan pengaruh teknologi tidak hanya berpeluang untuk menggali pasar baru, namun juga ancaman yang mengubah segalanya. Mulai dari perubahan perilaku konsumen, sampai perubahan ekspektasi dari karyawan ketika mencari tempat kerja. Perubahan ini membuat para CEO menjajaki model bisnis, sektor dan kemitraan baru yang tak terduga sebelumnya agar dapat beradaptasi dengan cepat, memelihara pertumbuhan perusahaan, dan mempermudah akses agar dapat menemukan karyawan sesuai keahlian yang mereka perlukan.

Hal ini terungkap berdasarkan hasil survei yang dilakukan PwC Indonesia terhadap 1.322 CEO dari 77 negara. Dari laporan survei tersebut diketahui bahwa diperlukan perancangan ulang pekerjaan secara besar-besaran, mulai dari total strategi fundamental perusahaan sampai soal perombakan strategi SDM.

Yang menarik dari hasil survey yaitu ada satu hal yang tidak akan terjadi di dunia digital yaitu kekurangan data. Data tersedia dimanapun. “Empat dari lima (80%) CEO mengatakan bahwa penggunaan analitik data sangat penting untuk menciptakan strategi digital yang sukses. Namun penggunaan analitik masih banyak difokuskan pada pemangku kepentingan eksternal dan belum digunakan sepenuhnya dalam hal pengelolaan SDM,” ujar Marina Tusin, Partner PwC Consulting Indonesia dalam acara “People Strategy for the Digital Age” yang diselenggarakan oleh PriceWaterHouseCoopers Consulting Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih dari 90% mereka memiliki permasalahan dalam mengumpulkan data SDM yang lengkap dan hanya 20% dari para CEO mengatakan mereka memiliki informasi pembanding angkatan kerja yang konprehensif. Padahal 84% mengatakan bahwa informasi ini sangat penting demi kesuksesan strategi jangka panjang. Selain itu, ditemukan kurang dari separuh CEO (46%) mengatakan bahwa perusahaan selalu menggunakan analitik untuk memberikan wawasan tentang seberapa efektif keahlian yang dimiliki SDM telah diberdayakan dengan baik. Dan hanya 58% berpendapat bahwa investasi digital telah menciptakan nilai bagi perusahaan mereka dalam hal strategi SDM dengan membantu mereka menemukan, mengembangkan, dan mempertahankan SDM.

Kendati banyak para CEO yang mengatakan bahwa strategi SDM harus diubah, namun banyak pula yang masih ragu dalam pelaksanaan perubahan tersebut. “Di saat perusahaan beradaptasi dengan cepat dengan dunia yang berubah, sangat penting divisi SDM untuk berusaha mengikuti,” tukas Marina kembali. Survei sebelumnya menunjukkan bahwa CEO tidak selalu yakin bahwa fungsi SDM yang mereka miliki mempunyai sarana yang baik untuk menghadapi tantangan dalam persaingan untuk mendapatkan SDM yang tepat.

Kendati teknologi berpengaruh pada seluruh aspek bisnis, namun teknologi tidak sepenuhnya berpengaruh pada pengembangan SDM terutama mereka yang berada di generasi milenial. Menurut Rudy Afandi, Country Human Resources Director GE Indonesia, berdasarkan hasil yang ada di GE Indonesia, teknologi tidak sepenuhnya berdampak pada proses pelatihan dan pengembangan SDM, khususnya di GE Indonesia. “Mungkin mereka hidup di dunia gadget, tapi Anda bisa lihat berapa banyak sih yang aktif di e-learning? Saya kira hanya 10% saja,” ujar Rudy. Diakuinya, pelatihan in class masih menjadi prioritas dan lebih efektif ketimbang e-learning. “Yang terpenting adalah bagaimana cara agar peserta training menjadi fokus dan proses pembelajaran bisa efektif,” lanjutnya. (Ratri Suyani)


Related Articles

5 Perusahaan Raih Aon Best Employers Indonesia 2016

Aon Hewitt mengumumkan lima perusahaan yang berhasil meraih Aon Best Employers Indonesia 2016. Kelima perusahaan yang meraih penghargaan adalah PT

Short Cycle Management, Tool Sederhana yang Handal

Short Cycle Management (SCM) merupakan sebuah tool sederhana yang dapat digunakan untuk mempercepat hasil penjualan di cabang ritel. Industri bisnis,

Ciptakan Keunggulan Bisnis Lewat Value Chain Analysis

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan keunggulan bisnis Anda, maka Anda harus pertimbangkan untuk melakukan analisis rantai nilai (value

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*