Belajar Dari Para Penjual Hebat

Gani Gunawan Djong, ICM, ICC

Gani Gunawan Djong, ICM, ICC

Anda pasti tahu sepatu NIKE, tapi apakah anda tahu kalau merk sepatu tersebut bisa terkenal diseluruh dunia karena seorang penjual hebat yang bernama PHIL KNIGHT yang berhasil mengubah sebuah perushaan tidak terkenal bernama BLUE RIBBON SPORTS menjadi NIKE Corporation. Semua ini dimulai pada tahun 1964 sekembalinya Knight dari Jepang, di usianya yang ke 26 dia mulai menjual sepatu lari ONITSUKA, karena dia yakin produk sepatunya yang murah namun berkualitas tinggi ini dapat mengalahkan sepatu-sepatu SNEAKERS kelas satu merk ADIDAS dan CONVERSE ALL-STARS yang menjadi market leader di pasaran saat itu. Bahkan 5 tahun kemudian ketika mulai tenarnya kegiatan Jogging, Knight berhasil menjual sepatu Onitsuka senilai USD 1.000.000 dengan memakai merk Blue Ribbon Sports, dan kemudian di tahun 1971, dia ingin merubah nama dan logo barunya, dan atas masukan dari salah satu karyawannya kemudian muncul nama NIKE dan dengan hanya membayar USD 35 sebagai komisi pembuatan logo baru yang kita kenal saat ini dengan tanda centang . Dan hanya dalam waktu 1 tahun, NIKE berhasil meraup penjualan USD 3.200.000 pada tahun 1972 dan menjadi pemimpin pasar insutri sepatu di USA pada tahun 1980 dengan melampaui penjualan ADIDAS. Keberhasilan NIKE ini, tidak lepas dari kemampuan KNIGHT sebagai penjual hebat yang berhasil meyakinkan MICHAEL JORDAN untuk mendukung pemasarannya yang berfokus dengan padu pada atlet atau citra yang karismatik, bahkan jarang menunjukkan produk sepatunya, sehingga nama NIKE ada dimana-mana. Sekarang atlet-atlet tenar lainnya juga menanda tangani kontrak dengan NIKE. Hal ini bisa terjadi karena ada seorang penjual hebat yang bernama PHIL KNIGHT.

Salah seorang penjual hebat lainnya adalah mantan pemain basket NBA dari klub LAKERS, MAGIC JOHNSON, yang memutuskan untuk pensiun pada tahun 1991 setelah dinyatakan terinfeksi virus HIV. Bagi sebagian besar orang tentu berpikir kalau masa-masa kejayaannya telah berlalu dan ditakdirkan untuk terlupakan, namun bukan hal itu yang terjadi, tetapi sebaliknya dia kemudian mengganti sepatunya dari sepatu basket ke sepatu bisnis, dia memutuskan untuk menjadi tenaga penjualan yang hebat, melalui Magic Johnson Enterprises dia berhasil melakukan kerjasama penjualan dengan perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnisnya didalam kota, dan mengajak orang-orang yang tepat bekerja untuknya. Dimana melalui perusahaannya dia sekarang memeiliki ratusan outlet STARBUCKS, puluhan outlet BURGER KINGS dan puluhan Pusat Kebugaran, dan kerajaan bisnisnya mencapai ratusan juta USD.sales

Seorang penjual hebat yang dikenal sebagai seorang CEO yang sangat sukses di USA adalah LEE IACOCCA yang bergabung di perusahaan CHRYSLER pada tahun 1979 ditengah kondisi krisis yang membuatnya harus mengambil keputusan drastis dengan memecat banyak eksekutifnya. Namun berkat kemampuannya dalam menjual, Iacocca berhasil meyakinkan pemerintah federal untuk menyuntikkan bantuan dengan taruhannya Chrysler tidak boleh gagal walaupun perekonomian nasional terkena depresi, dan dia membuktikannya dengan berhasil meningkatkan penjualan Chrysler dan membangkitkan perusahaan ini dengan berhasil melunasi dan mandiri secara keuangan pada tanggal 13 Juli 1983. Kemampuan menjual Iacocca memang sudah muncul sejak dia berusia 10 tahun dengan menawarkan dirinya untuk membawakan barang belanjaan kepada para pembeli di toko grosir dengan gerobak bawaannya.  Dia akhirnya bergabung sebagai Insinyur di Ford Motor Company dan pada akhirnya merasa lebih cocok bekerja dibidang penjualan dan terkenal dengan program 56-56, yakni memasarkan mobil Ford 1956 dengan uang muka 20% dan sisanya dicicl USD 56 selama 3 tahun, sehingga memungkinkan distrik tempat dia bekerja berhasil meroket dari posisi juru kunci menjadi posisi juara. Karena kemampuan menjualnya yang kreatif telah mengangkatnya sebagai pimpinan FORD pada tanggal 10 Desember 1970 dan dikenal sebagai bapak mobil MUSTANG.

Salah seorang lainnya yang tercatat sebagai penjual terhebat yang tercatat oleh THE GUINESS BOOK WORLD RECORDS adalah JOE GIRARD sebagai tenaga penjualan yang berhasil mobil sebanyak 13.001 di dealer mobil CHEVROLET di DETROIT dan secara berturut-turut selama kurun waktu 15 tahun mencetak rekor penjualan. Joe berhasil menjual rata-rata 6 unit mobil per harinya selama kurun waktu tersebut, dimana rata-rata penjual lainnya hanya penjual 7 unit per bulan. Suatu prestasi yang sangat luar biasa yang belum dapat dipecahkan rekornya hingga saat ini. Ketika ditanya pendapatnya apakah seorang tenaga penjualan yang hebat itu memang sudah dilahirkan ? Joe menanggapinya dengan mengatakan bahwa seorang tenaga penjualan yang hebat muncul melalui proses pelatihan. Para penjual yang hebat semula adalah berkinerja biasa-biasa saja namun mereka terus mau belajar dan mengembangkan kemampuan dan kreativitas secara terus menerus dan belajar dari para tenaga penjualan ulung lainnya.

Oleh karena itu setiap tenaga penjualan bisa mempelajarinya dari para penjual ulung yang memiliki kualitas yang hampir sama apapun bidang bisnisnya, yakni mereka adalah pribadi-pribadi yang  memiliki kemampuan :

MEYAKINKAN
Merupakan keterampilan terpenting harus terus menerus dikembangkan, jika seseorang menginginkan dirinya menjadi tenaga penjualan yang hebat. Mereka melakukannya melalui cerita dan menggambarkannya guna meyakinkan ide-ide tentang sebuah produk atau jasa yang ditawarkannya.

MELAYANI
Para penjual hebat selalu fokus kepada pelayanan. Mereka selalu melayani para pelanggannya, seperti keinginan mereka untuk mendapatkan pelayanan yang sama. Tentu saja semua orang ingin menjadi pelanggan para penjual hebat ini, karena mereka merasa nyaman telah membeli dari seseorang yang dipercayainya. Bahkan mereka tidak segan-segan merekomendasikannya kepada teman-teman dan keluarganya.

INTEGRITAS
Kualitas lainnya yang dimiliki oleh para penjual ulung adalah jujur, menepati janji, bekerja keras, bertanggung jawab, teliti, dapat diandalkan, dan tidak suka menyalahkan orang lain. Tentu saja kualitas ini harus dikembangkan secara berkesinambungan oleh para penjual yang ingin menjadi yang terbaik.

MOTIVASI DIRI
Mereka juga adalah para pemotivasi diri yang mampu memotivasi diri mereka sendiri untuk bertindak tanpa peduli dengan keadaan maupun perasaan yang sedang dihadapinya saat ini. Para penjual ulung tidak tergantung dengan motivasi dari atasan maupun rekan-rekan sekitarnya, karena mereka telah menetapkan tujuan-tujuannya guna mencapai apa yang menjadi impiannya.

MENGASIHI
Kualitas yang terakhir yang dimiliki oleh para penjual hebat adalah mereka sangat peduli dan mengasihi sesamanya. Sikap inilah yang membedanya dan mengangkat mereka menjadi yang teratas.
Selamat Belajar.


Related Articles

Learning from The Champion Team

Kompetisi akbar sepakbola PIALA DUNIA 2014 baru saja berlalu dan menghasilkan tim Negara Jerman menjadi juara dunia untuk ke empat

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang KETENAGAKERJAAN sudah berjalan 10 tahun lebih. Perjalanan Undang-Undang ini pada hakekatnya sesuai dengan teori

Corporate Intermediate Value Added

Para pakar dan kalangan korporasi kelas dunia telah memastikan bahwa sumber­daya manusia (SDM) yang kompeten merupakan aset utama (hu­man capital) organisasi. Penciptaan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*