• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 24 January 2018

Bawa Hewan Peliharaan ke Tempat Kerja, Kenapa Tidak?

woman-with-dog-in-office-horizAnjing merupakan hewan peliharaan yang paling bersahabat dengan majikannya. Selain menjadi teman yang baik anjing ternyata juga bisa memberi semangat dalam bekerja.

Beberapa perusahaan terkemuka di dunia justru mengijinkan karyawannya membawa hewan peliharaan ke tempat mereka bekerja. Sebut saja Google, Amazon, dan Ben & Jerry. Perusahaan-perusahaan besar tersebut sudah mengijinkan karyawannya membawa hewan peliharaan ke kantor. Manajemen mereka menganggap ini merupakan budaya kerja yang positif dan bisa memacu semangat kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Pet Products Manufacturers Association menemukan fakta bahwa 20% dari perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat memperbolehkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaan berbulu (anjing, kucing) mereka ke tempat kerja.

Dalam penelitian tersebut terdapat 76% karyawan umumnya membawa hewan peliharaan anjing, 15% membawa kucing dan sisanya membawa hewan kecil seperti hamster dan ikan.

Sebuah percobaan terbaru yang dilakukan oleh Central Michigan University, mengungkapkan bahwa hewan peliharaan di tempat kerja justru dapat meningkatkan kerja tim dan kepuasan kerja. Dalam percobaan tersebut  dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok yang memiliki anjing di sekitarnya selama tugas kelompoknya dan kelompok yang lainnya tidak.

Pada hasil percobaan tersebut berhasil diidentifikasi bahwa kelompok yang memiliki anjing selama tugasnya menunjukkan bahwa adanya keakraban dan ikatan yang kuat terhadap tim dan memiliki rasa saling percaya yang lebih tinggi. Bagaimana dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia? (Kristiadi-sumber: hrmasia.com)


Related Articles

Sukses Lintas Generasi

Be fast, be melting and be different, atau anti mainstream bisa menjadi modal persaingan di jaman ini. Produk menjadi bagian

Trakindo Dukung Generasi Muda Indonesia

PT Trakindo Utama (Trakindo) berkomitmen mendukung perwujudan cita-cita generasi muda Indonesia dalam kontribusinya mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja berkualitas melalui

Scenario Planning Membuat Bisnis Berkesinambungan

Scenario planning merupakan salah satu metode yang banyak dipakai dan dinilai ampuh untuk menyusun rencana bisnis jangka panjang yang efektif,

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*