Bawa Hewan Peliharaan ke Tempat Kerja, Kenapa Tidak?

woman-with-dog-in-office-horizAnjing merupakan hewan peliharaan yang paling bersahabat dengan majikannya. Selain menjadi teman yang baik anjing ternyata juga bisa memberi semangat dalam bekerja.

Beberapa perusahaan terkemuka di dunia justru mengijinkan karyawannya membawa hewan peliharaan ke tempat mereka bekerja. Sebut saja Google, Amazon, dan Ben & Jerry. Perusahaan-perusahaan besar tersebut sudah mengijinkan karyawannya membawa hewan peliharaan ke kantor. Manajemen mereka menganggap ini merupakan budaya kerja yang positif dan bisa memacu semangat kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Pet Products Manufacturers Association menemukan fakta bahwa 20% dari perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat memperbolehkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaan berbulu (anjing, kucing) mereka ke tempat kerja.

Dalam penelitian tersebut terdapat 76% karyawan umumnya membawa hewan peliharaan anjing, 15% membawa kucing dan sisanya membawa hewan kecil seperti hamster dan ikan.

Sebuah percobaan terbaru yang dilakukan oleh Central Michigan University, mengungkapkan bahwa hewan peliharaan di tempat kerja justru dapat meningkatkan kerja tim dan kepuasan kerja. Dalam percobaan tersebut  dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok yang memiliki anjing di sekitarnya selama tugas kelompoknya dan kelompok yang lainnya tidak.

Pada hasil percobaan tersebut berhasil diidentifikasi bahwa kelompok yang memiliki anjing selama tugasnya menunjukkan bahwa adanya keakraban dan ikatan yang kuat terhadap tim dan memiliki rasa saling percaya yang lebih tinggi. Bagaimana dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia? (Kristiadi-sumber: hrmasia.com)


Related Articles

Agar Pekerja Jarak Jauh Lebih Produktif & Bahagia

Para eksekutif mungkin memiliki kekhawatiran jika memperkerjakan remote worker atau orang yang bekerja tidak di luar kantor. Kekhawatiran ini muncul

Seorang Mantan VP HR Palsukan Gaji Pekerja Asing

Mantan Vice President Human Resources di perusahaan food & beverage, Harry’s International, Parmjit Kaur, mengaku bersalah atas tuduhan pelanggaran karena

PayMaster Aplikasi Payroll yang Friendly

Berangkat dari Andal Information Mangement (AIM) yang memberikan banyak data berupa kebutuhan para pelanggan akan sistem payroll yang tidak hanya

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*