• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 21 September 2018

Aturan Baru Pembayaran THR

uang-recehMeski masih jauh untuk menerima Tunjangan Hari Raya (THR), kini pekerja wajib bergembira, pasalnya pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menerapkan peraturan baru mengenai THR ini, dimana pekerja yang baru bekerja selama satu bulan berhak menerima THR.

Belum lama ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan akan menerapkan aturan baru mengenai dasar penghitungan Tunjangan Hari Raya (THR). Jika sebelumnya aturan pembayaran THR ini tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 1994 kini, ketentuan dasar pembayaran THR mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016.

Diaturan baru ini dijelaskan bahwa pekerja yang sudah bekerja selama satu bulan berhak memperoleh THR. “Dalam aturan baru diatur tentang hak pekerja, syarat penerima THR, waktu pembayaran THR dan sebagainya. Sebelumnya, THR diberikan kepada pekerja yang sudah bekerja minimal tiga bulan masa kerja secara terus menerus. Kini, mereka yang bekerja selama satu bulan sudah dapat memperoleh THR,” ujar Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemnaker, Haiyani Rumondang, di Jakarta, seperti dilansir ROL, Rabu (30/3/2016).

Menurutnya, kini pekerja yang telah melakukan masa kerja selama sebulan sudah dapat menerima THR. Pemberian THR dihitung secara proporsional melalui komponen masa kerja, penghitungan masa kerja tahunan, dan besaran upah bulanan. Sama halnya dengan aturan sebelumnya, aturan baru juga mengatur tentang sanksi denda dan sanksi administratif bagi perusahaan yang tidak memberikan THR.

Aturan baru THR, lanjut haiyani, sudah sempat disosialisasikan sebelumnya. “Kami lakukan sosialisasi kepada elemen tripartit di Karawang. Kami harap kasus-kasus tidak dibayarkannya THR dapat ditertibkan dengan aturan baru ini,” pungkas Haiyani. (Sumber: Kemnaker.go.id)


Related Articles

Lampaui Target, Berkat Keterlibatan Karyawan

2017 merupakan tahun yang membanggakan bagi Home Credit Indonesia. Bagaimana tidak, di tahun ini beberapa prestasi telah ditorehkannya, salah satunya

New Jersey Lawmakers Clobber Sports Coalitions In Gambling Bill

Football is certainly a popular sport activity. Some men and women view the activities with regard to the enjoyment of

Ir. Aburizal Bakrie: Islam, Agama Yang Rahmatan Lil A’lamin

Majelis Ta’lim Menara Kadin Indoneia selama bulan suci Ramadhan ini mengadakan acara sholat Dzhuhur berjama’ah dilanjutkan dengan ceramah agama setiap

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*