• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 17 August 2018

7 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Menjengkelkan

rekan-KerjaMemiliki rekan yang menyebalkan mungkin bisa merusak semangat positif Anda untuk beraktivitas di kantor. Mendengarkan musik yang terlalu keras, bicara yang terlalu kencang, melemparkan lelucon yang menjengkelkan dan menyakiti perasaan atau memakai parfum yang terlalu menyengat bisa jadi membuat Anda dan rekan sekitar Anda merasa tidak nyaman dan jengkel bekerja dengan rekan tersebut.

Memang dalam sebuah lingkungan pekerjaan, tidak semua orang memiliki sikap yang sama dengan Anda. Bisa jadi mereka iri dengan Anda dan ingin membuat Anda kesal. Tidak ada yang bisa Anda lakukan karena rekan tersebut merupakan bagian dari lingkungan kerja Anda sehari-hari. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengatasi rekan kerja yang menjengkelkan tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rekan kerja yang menjengkelkan.

1. Tenang dan jangan mudah terpancing
Tenang merupakan cara terbaik untuk menghadapi sikap mereka yang menyebalkan pada Anda. Kalau Anda sudah tahu sifat rekan kerja Anda seperti itu, tidak perlu tersinggung jika dia melakukan sesuatu hal yang menyebalkan. Bisa jadi dia hanya ingin membuat Anda kesal. Jika Anda terpancing, maka dia akan merasa senang dan menang karena mampu mempermainkan perasaan Anda.

2. Diam
Cobalah untuk diam dan memperhatikan apa yang dia lakukan pada Anda. Strategi ini cukup ampuh karena membuat rekan Anda enggan untuk bersikap menyebalkan pada Anda. Anda tidak perlu menanggapi ucapannya yang akan berdampak negatif pada Anda. Dan Anda tidak perlu juga membalas perlakuan yang sama.

3. Menghindar darinya
Anda tak perlu bersikap manis atau sok dekat denganya, hanya karena dia rekan kerja Anda. Anda hanya perlu bersikap profesional dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. Jadi, tak ada salahnya untuk menghindarinya, terutama jika itu itu tidak berhubungan dengan pekerjaan.

 4Tegas
Anda sesekali harus bersikap tegas padanya karena bagaimanapun Anda berhak mendapatkan ketenangan saat bekerja. Jika dia terus mendesak Anda dan menyudutkan Anda, khususnya dalam pekerjaan, segera sampaikan komplain Anda padanya.

5. Tetap pada pendirian bila Anda benar
Bila terjadi perdebatan antara Anda dan rekan kerja, tetaplah pada pendirian Anda bila Anda berada di posisi yang benar. Mungkin sulit bagi Anda terutama jika rekan kerja Anda adalah orang yang tidak bisa berkompromi. Jika orang tersebut menyalahkan Anda untuk hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan, jangan pernah merasa bersalah.

6. Tetap optimis
Orang yang sering menyulitkan orang lain terkadang memiliki sifat rendah diri karena merasa tidak dihargai, terlalu banyak mengeluh, dan merasa ingin dianggap yang paling hebat. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tetap berpikir positif dan mengabaikan mereka.

7. Bicara jujur
Bila ketegangan Anda rekan kerja menjengkelkan sudah sampai pada tingkat dimana Anda tidak merasa bisa lagi bekerja sama dan mencapai hasil dengannya, maka Anda punya tanggung jawab untuk secara jujur berbicara dengannya. Jangan sampai jadikan masalah pribadi Anda jadi pengganjal produktivitas profesional Anda. Mulailah obrolan dengan menyampaikan bahwa Anda menginginkan pertemuanya menjadi pertemuan yang positif, dengan tujuan untuk memperbaiki hubungan profesional dengannya. Buat dia tahu bahwa Anda menyukai atau mengagumi beberapa kelebihan dia. Kemudian katakan jika Anda punya masalah dengan beberapa sikap dia. Jadilah profesional, gunakan fakta, dan jangan biarkan Anda terkuasai oleh emosi.


Related Articles

Juggling with Priorities

Di dalam kehidupan atau dalam bisnis, seringkali kita harus mengerjakan beberapa hal sekaligus pada periode waktu yang sama. Dan hal

Pizza Gratis Lebih Memotivasi Karyawan Ketimbang Uang

Ingin meningkatkan produktivitas di perusahaan Anda? Sepotong pizza panas lengket berisi keju dan pepperoni tampaknya menjadi pilihan yang lebih baik

8 Tipe Orang Yang Dapat Mendongkrak Karir Anda

Sukses berkarir memang perkara yang tidak mudah. Butuh kesabaran, motivasi yang tinggi, optimis, dan selalu meng-upgrade skill yang Anda miliki serta

1 comment

Write a comment
  1. Burhan
    Burhan 27 January, 2017, 09:25

    artikel nya bagus admin, dengan begitu kita bisa mengatasi rekan kerja yang menyebalkan dan mengancam karir kita

    Reply this comment

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*