• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 22 July 2018

5 Langkah Mengubah Storm Menjadi Energi Positif

moveon-dribbbBanyak cerita tentang pengalaman buruk yang dialami seseorang yang membuatnya menjadi galau bahkan merasa tidak ada gunanya lagi hidup. Stephen Covey (penulis buku 7 Habits of Highly Effective People) mengatakan ada dua macam masalah, antara lain circle of influence (masalah yang bisa dikontrol) dan circle of concern (masalah yang tidak bisa dikontrol dan hanya bisa dicemaskan).

Berkaitan dengan masalah, banyak diantara kita larut dalam masalah tersebut, yang hanya menghabiskan waktu untuk memikirkan hal-hal yang telah terjadi. Tidak sedikit yang terjebak di area kecemasan sehingga hidupnya merasa was-was, cemas, gundah gulana dan galau. Jika masalah masih dalam kontrol, curahkan semua pikiran dan energi untuk memecahkan masalah tersebut untuk mencari jalan keluarnya.

Move on mungkin itulah kata yang tepat untuk bisa mengubah kegalauan menjadi energi positif yang bisa membuat kita bangkit dari keterpurukkan. Jangan membuang-buang waktu meratapi masa lalu yang buruk, itu hanya bisa menghancurkan masa depan kita sendiri.

Lalu bagaimana cara mangatasi masalah terberat yang pernah kita alami? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengubah badai (storm) yang menerpa hidup agar menjadi energi positif yang bisa melecut semangat kita ke depan? Berikut, lima langkah yang bisa kita coba:

1. ACCEPT
Accept the fact that your life has changed. Hidup sudah berubah. Hidup tidak akan seperti dulu lagi, bukan berarti lebih buruk. Kalau kita pintar memanage kehidupan baru, bisa jadi itu menjadi lebih baik. Semakin cepat kita menerima ini semakin baik. Wajar bahwa kita shock dan sedih. It’s ok. Tapi jangan lama lama, harus segera move on!

2. MISDIRECT
ALIHKAN PERHATIAN ANDA KE HAL-HAL LAIN.
Sibukkan diri kita dengan hal-hal yang bisa mebuat kita lupa akan masalah masa lalu. Bikin kita sibuk. Ikuti segala kegiatan yang positif yang bisa melupakan hal yang terjadi. Semakin kita diam di rumah, akan semakin susah untuk move on. Kesibukan baru akan menimbulkan semangat baru.

Bikin sesibuk mungkin untuk belajar atau mengerjakan hal baru yang belum pernah dilakukan.

3. RE-FOCUS
Kita harus benar benar berenung dan berfikir ulang dengan kehidupan yang baru. Buat rencana ke depan, apa visi baru kita? Lengkapi dengan kalimat berikut: Dengan kehidupan baru saya….; Saya ingin mencapai…. Dan seterusnya.

4. WORK HARDER AND SMARTER
Setelah visinya jelas, saatnya untuk mengimplementasikan, bekerja cerdas dan bekerja keras. Bekerjalah sekeras kerasnya dengan cara yang cerdas. Do whatever it takes to achieve your objectives. it your obsession.

Jangan membiarkan orang lain menghancurkan masa depan kita. Kita adalah satu satunya yang bisa mengontrol dan mengemudikan masa depan kita.

5. PERSISTANCE AND PERSERVERANCE (Teguh, tegar dan ulet)
Perjalanan akan panjang ….
Kita harus mampu berdiri setelah kita jatuh keras. Dalam perjalanan menuju sukses, akan ada banyak kegagalan. Akan ada saat gelap di mana kita merasa seperti dunia telah jatuh terpisah, kita tidak bisa bergerak dan ingin menyerah. Akan ada banyak darah, keringat dan air mata. Kuatkan diri kita. Ini adalah saat-saat kritis yang akan menentukan masa depan kita. Kita akan mengambil jalan yang mudah dan menyerah atau mengambil tantangan dan mendorong pada suatu hal?

Kelilingi diri kita dengan hal positif dan telah berharap bahwa hal-hal yang akan selalu mendapatkan yang lebih baik. Selalu ada solusi, kita hanya perlu menemukannya. Jika kita cukup berani untuk terus berjuang, hasilnya akan begitu berharga. Ingat, kita adalah pilot dari masa depan diri kita. Kita dapat mengubah situasi kita. Jangan biarkan siapapun atau apapun menghentikan kita untuk mencapai impian. Terus berjuang.

Ingat, jangan membiarkan mereka tersenyum dan tertawa. Jangan membiarkan mereka berfikir bahwa mereka berhasil menghancurkan masa depan kita. Buktikan bahwa mereka salah. Buktikan bahwa kita adalah orang yang jauh lebih baik (dan lebih berhasil) tanpa mereka.

Ingat, bagaimana menimbulkan energi positif dari badai (storm) yang menerpa hidup kita …

ACCEPT, MISDIRECT, RE-FOCUS, WORK HARDER AND SMARTER, PERSISTANCE AND PERSERVERANCE

(Pambudi Sunarsihanto, Praktisi HR)


Related Articles

10 Rahasia Membangun Iklim Kerja

1. Membangun sikap saling percaya (Trust) Kepercayaan merupakan faktor kunci dalam setiap hubungan, sehingga membangun lingkungan kerja yang saling percaya

7 Kunci Sukses Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman bukan hanya merupakan pilihan, melainkan keharusan. Orang yang tidak berani keluar dari zona nyaman tidak akan

7 Kesalahan dalam Merekrut Karyawan

Salah satu tantangan terbesar yang muncul dalam organisasi adalah menemukan orang yang tepat dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan organisasi.

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*