• 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 18 June 2018

5 Cara Mengatasi Sindrom Pasca Liburan

Setelah liburan panjang, seringkali seseorang sulit untuk kembali bersemangat dan berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. Keadaan ini disebut sindrom pasca liburan. Gejalanya ditandai dengan pola tidur yang berubah, konsentrasi yang terganggu, perasaan tidak tenang, hingga gejala fisik seperti otot yang pegal. Bagaimana cara mengatasinya?

5 cara mengatasi sindrom pasca liburan

5 cara mengatasi sindrom pasca liburan

  1. Memberikan satu hari untuk beradaptasi
    Setelah beberapa hari berlibur, kembalilah dari tempat Anda berlibur setidaknya satu atau dua hari sebelum Anda masuk kerja. Hal ini akan membantu Anda untuk kembali fokus pada situasi sehari-hari dan memberi tubuh Anda waktu untuk beristirahat.
  2. Luangkan waktu untuk mengatur prioritas pekerjaan
    Setibanya di tempat kerja, Anda mungkin akan menerima email dan tugas pekerjaan yang menumpuk. Jangan segera mengerjakannya satu per satu. Luangkanlah waktu sekitar setengah jam untuk mengatur mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu berdasarkan tingkat prioritas. Hal ini akan membuat Anda bisa dengan cepat kembali fokus pada pekerjaan yang telah beberapa lama Anda tinggalkan.
  3. Teruslah memanjakan diri untuk sementara
    Apa yang banyak Anda lakukan ketika berlibur? Melupakan diet, berkumpul bersama teman, atau tidur larut malam? Teruskanlah perilaku memanjakan diri seperti itu untuk sementara waktu, tentunya dengan beberapa penyesuaian. Menutup menu makan siang Anda dengan es krim, bertemu teman untuk bertukar cerita liburan di coffee shop sambil menunggu berakhirnya 3in1, meluangkan waktu untuk sejenak membaca buku atau menonton tv sebelum tidur akan baik untuk membantu diri Anda beradaptasi kembali menghadapi rutinitas sehari-hari secara psikologis.
  4. Banyak berjalan kaki
    Ketika berlibur, baik di pantai, taman hiburan, atau sekedar shopping dari mall ke mall, tentunya Anda banyak berjalan kaki, bukan? Teruskanlah kebiasaan berjalan kaki ini. Memarkir kendaraan agak jauh dari pintu masuk kantor atau menggunakan tangga daripada menggunakan lift, dengan tidak Anda sadari sudah memberikan tubuh Anda porsi olahraga ringan. Berolahraga secara teratur dapat menjaga mood baik Anda sepanjang hari.
  5. Rencanakan liburan selanjutnya
    Biarpun mungkin masih lama, tidak ada salahnya untuk mulai merencanakan acara liburan selanjutnya. Dengan mengetahui bahwa beberapa minggu atau beberapa bulan lagi Anda akan kembali berlibur, akan membuat Anda tetap termotivasi untuk segera mengerjakan rutinitas pekerjaan Anda. (sumber: http://tourismnews.co.id/)

Related Articles

Agar HR Scorecard Menjadi Efektif

Menangani berbagai macam orang yang ada di sebuah perusahaan bukanlah tugas yang mudah. Di antara ba­nyak departemen yang ada di

7 Kunci Sukses Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman bukan hanya merupakan pilihan, melainkan keharusan. Orang yang tidak berani keluar dari zona nyaman tidak akan

5 Cara Membuat Karyawan Loyal

Membuat karyawan loyal terhadap perusahaan merupakan suatu upaya demi kemajuan perusahaan itu sendiri. Berbagai upaya bisa dilakukan perusahaan untuk itu,

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*